Tanda Ginjal Anda Mulai Rusak

Torie Natalova    •    Rabu, 05 Oct 2016 17:05 WIB
kesehatan
Tanda Ginjal Anda Mulai Rusak
Salah satu gejala ginjal yang rusak adalah rasa lelah dan mengantuk. Ada baiknya Anda menghubungi dokter untuk tahu lebih jelasnya. (Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang ditakuti kebanyakan orang karena bisa berujung pada kematian. Ginjal memang organ tubuh yang sangat penting karena ginjal berfungsi menghilangkan kotoran dan cairan berlebih dari dalam tubuh.

Ginjal juga berperan menstabilkan tekanan darah, mengontrol produksi sel darah merah, mengatur garam, kadar asam, dan kalium. Gejala kerusakan pada ginjal memang tidak terlihat jelas. Karenanya, banyak yang mengalami gagal ginjal tidak mengetahui sejak awal gejalanya.

Ketika Anda menyadari ada masalah pada ginjal, biasanya 90 persen fungsi ginjal telah hilang tanpa gejala yang pasti. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Jonathan Shaffer, hipertensi dan diabetes adalah penyebab utama dari 2/3 gagal ginjal. Karena itu, sangat penting menjaga gula darah dan tekanan darah Anda.

Beberapa gejala berikut ini mungkin saja bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda.

1. Urine tidak normal
Ini berarti banyaknya cairan yang terjebak dalam jaringan, sehingga Anda tidak sering buang air kecil seperti biasanya.

2. Tekanan darah meningkat
Ginjal yang rusak tidak dapat efektif mengontrol tekanan darah. Darah yang tersimpan pun akhirnya menyebabkan kerusakan lebih lanjut oleh jaringan parut dan melemahkan pembuluh darah di ginjal Anda.

(Baca juga: Hati-hati, Minuman Kemasan Picu Kerusakan Ginjal)

3. Detak jantung tidak normal
Jika ginjal Anda rusak, ini menyebabkan penumpukan kalium. Kalium membantu menyingkirkan cairan berlebih pada tubuh. Penumpukan kalium bisa membuat detak jantung tidak normal.

4. Pembengkakan dan penambahan berat badan
Salah satu fungsi ginjal membuang limbah tubuh dalam bentuk urine. Bila ginjal melambat atau tidak bekerja dengan baik, maka cairan bisa mengendap dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan pembengkakan dalam jaringan (edema), sehingga berat badan Anda pun bertambah.

5. Kelelahan dan mengantuk
Ginjal juga berfungsi membantu mengatur kadar hemoglobin. Saat proses pengaturan itu tidak berjalan mulus, Anda bisa mengalami anemia sehingga membuat energi Anda menurun tajam.

Pencegahan kerusakan ginjal bisa dilakukan dengan pemeriksaan darah lengkap. Jika kadar molekul yang disebut kreatinin dalam ginjal terlalu tinggi, tes tambahan darah, tes urine, dan scan ginjal mungkin dilakukan untuk mengecek kerusakan ginjal.

Anda pun sebaiknya menghubungi dokter jika mengonsumsi obat-obatan yang bisa meracuni ginjal seperti NSAIDs, antibiotik tertentu, lithium atau obat yang mengandung iodine.







(TIN)