Minum Berulang Kali di Gelas yang Sama, Amankah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Sep 2016 11:32 WIB
kesehatan
Minum Berulang Kali di Gelas yang Sama, Amankah?
(Foto: Prevention) Pakailah satu gelas untuk diri sendiri dan pastikan air di dalamnya bersih.

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu strategi untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah dengan menyediakan gelas terisi air di samping Anda, tujuannya mempermudah Anda untuk minum. Namun, hal itu menyebabkan kita minum beberapa kali dari gelas yang sama. Amankah itu?

Kebanyakan orang akan berpikir mikroorganisme senang berkumpul di tempat yang lembab dan gelas adalah salah satunya. Bakteri bisa berkembang dengan cepat dan berpindah dari gelas ke mulut.

"Jika Anda sakit, dan Anda menggunakan gelas yang tidak dikeringkan dengan benar sebelum digunakan, ditambah lagi terdapat kuman di dalam gelasnya, maka kemungkinan kuman akan berlipat ganda. Ujungnya, Anda bisa kembali sakit," ujar Aaron Margolin, PhD, profesor mikrobiologi di University of New Hampshire. 

Sumber air juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tak seperti air keran, air kemasan tidak begitu saja mengandung klorin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Minum di Gelas yang Sama
Selain itu, minum dalam satu gelas secara bersamaan juga tidak lebih baik. Segala jenis bakteri, virus, dan parasit bisa lewat kembali, yang bisa mengakibatkan Anda mengalami sariawan atau radang perut (akibat bakteri pilori Helicobacter). Rasa lain yang bisa ditimbulkan yaitu ingin muntah, hingga diare hebat (biasanya disebabkan oleh norovirus).

"Semakin banyak yang minum di gelas yang sama, semakin besar kemungkinan mereka yang sakit membawa bakteri, sehingga Anda bisa ikut sakit," tambah Margolin.

(Baca juga: Cara Mengetahui Jumlah Kebutuhan Air untuk Tubuh)

Ia menjelaskan, patogen sebagai sebuah organisme yang menyebabkan seseorang sakit, tidak mungkin datang begitu saja tanpa ada pembawanya, entah orang atau benda.

Faktanya, baik gelas plastik maupun gelas lainnya, memiliki sudut atau celah sebagai tempat bakteri bersembunyi. Oleh karena itu, gelas yang benar-benar kering justru bagus karena sifatnya desifikasi, yaitu menghambat pertumbuhan bakteri.

Tipsnya mudah, "Pakailah satu gelas untuk diri sendiri dan pastikan air di dalamnya bersih. Hal ini agar Anda tak sakit meski memakainya berulang kali," saran Margolin.





(TIN)