Haid Tidak Teratur, Salah Satu Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

Torie Natalova    •    Rabu, 23 Aug 2017 10:51 WIB
kesehatan
Haid Tidak Teratur, Salah Satu Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi
(Foto: Healthkart)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendapatkan tubuh yang ramping menjadi dambaan banyak wanita. Demi mendapatkan tubuh yang ramping, banyak wanita melakukan berbagai cara hingga mendapatkan berat badan terendah seperti yang diinginkan.

Sayangnya, fokus pada penampilan tak membuat tubuh Anda sehat. Tanpa disadari, terkadang tubuh tak hanya tampak terlalu kurus, tapi juga kekurangan nutrisi penting.

Apabila tubuh Anda terlalu kurus, cobalah untuk melihat tanda-tanda tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi seperti berikut.

1. Susah tidur

Masalah susah tidur bisa menjadi tanda tubuh kekurangan nutrisi. Tidur akan terasa lebih sulit jika perut dalam kondisi kosong atau lapar. Rasa cemas yang dipicu dari turunnya berat badan secara drastis juga dapat membuat Anda kesulitan tidur.

2. Suasana hati mudah berubah

Saat tubuh kekurangan nutrisi, Anda mungkin akan merasa lebih berenergi dan memiliki dorongan untuk terus aktif. Namun, kondisi tersebut merupakan tanda dari otak yang memberitahu tubuh untuk bergerak dan mendapatkan asupan makanan. Saat tubuh menjadi cemas karena lapar, Anda mulai menggunakan emosional sehingga Anda akan mudah mengalami depresi, cemas dan rasa takut.

3. Sendi yang tampak membesar

Sebagian besar orang berpikir bahwa saat berat badan turun, Anda akan kehilangan massa lemak. Namun faktanya adalah tubuh cenderung kehilangan massa tubuh dibanding massa lemak. Kondisi ini otomatis membuat sendi dan tulang Anda terlihat membesar karena hilangnya jaringan otot di sekitar mereka. Kulit Anda juga akan terlihat kering dan berkerut karena hilangnya perlindungan terhadap tulang.

4. Haid tidak teratur

Haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Tetapi, jika haid tidak teratur atau haid selama beberapa bulan, ini bisa jadi tanda adanya masalah dalam tuuh Anda. Haid tak teratur bisa jadi pertanda bahwa tubuh menutup reproduksi dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk normal kembali.




(DEV)