Stres saat Menyusui? Lakukan Hal Berikut

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Aug 2017 16:05 WIB
kesehatan ibu
Stres saat Menyusui? Lakukan Hal Berikut
Stres Saat Menyusui? Lakukan Hal Berikut (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita yang telah melahirkan tak jarang mengalami kelelahan dan perubahan suasana hati. Hal ini tentunya memengaruhi proses menyusui.

Ibu menyusui berisiko mengalami beberapa kondisi kesehatan serius, baik fisik maupun mental. Penyebabnya adalah mereka tidak memerdulikan diri sendiri karena fokus mengurus buah hati yang baru lahir.

Kanchan Naikawadi selaku spesialis kesehatan pencegahan dari Indus Health Plus menyebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat ibu menyusui terkena sindrom depresi pasca-melahirkan, yaitu kurangnya waktu untuk diri sendiri, kurang tidur, dan pola hidup tak sehat.

Selain itu, produksi ASI yang tak banyak atau bayi tak bisa mendapatkan ASI karena ibu sedang mengonsumsi obat-obatan juga menjadi faktor utama munculnya stres tersebut.

Sayangnya, tak semua ibu menyadari bahwa mereka terkena sindrom tersebut dan menolak untuk mendapatkan pertolongan medis.

Jika Anda atau kerabat Anda mengalami masalah dalam menyusui, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Perhatikan diri sendiri, seperti makan tepat waktu dan sehat. Konsumsilah makanan yang terbuat dari beras, gandum, tepung jagung, dan jelai sehingga merasa kenyang lebih lama dan tidak rewel.

2. Tetap aktif sepanjang hari ampuh untuk melawan stres dan meningkatkan suasana hati baik. Cobalah dengan melakukan yoga di sela-sela kesibukan.

3. Lakukan pemeriksaan payudara secara rutin. Jika Anda merasa ada yang aneh, segera diskusikan dengan tenaga profesional.

4. Istirahat cukup adalah hal yang penting. Pada minggu-minggu awal setelah kelahiran, tak perlu ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk mengurus si kecil supaya Anda tak kelelahan.


 


(ELG)