Ubi Jalar dan Pepaya Baik untuk Kesehatan Jantung

Torie Natalova    •    Kamis, 06 Jul 2017 08:36 WIB
kesehatan jantung
Ubi Jalar dan Pepaya Baik untuk Kesehatan Jantung
Menurut penemuan dari Jerman, likopen dalam buah pepaya hampir 3 kali lebih banyak daripada likopen yang ada pada tomat. (Foto: Pinterest/Eatbetternotless.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minyak zaitun, havermut dan tentu saja salmon, sebagian besar dari kita pasti tahu makanan tersebut sangat sehat dan baik untuk kesehatan jantung. Tapi, itu bukan satu-satunya yang dapat menjaga tubuh tetap prima.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak makanan pokok lainnya juga bisa melakukan hal-hal baik untuk jantung Anda. Lima makanan lezat ini tanpa disadari dapat meningkatkan kolesterol sehat, menurunkan tekanan darah, melawan peradangan berbahaya dan manfaat kesehatan lainnya.



1. Kacang-kacangan
Kacang tanah sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung asam amino l-arginine yang dapat meningkatkan fungsi kolesterol dan pembuluh darah yang lebih sehat. Kacang juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang terbukti membantu menurunkan kolesterol jahat.



2. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung 12 potasium, melebihi dari kandungan potasium dalam pisang. Potasium merupakan mineral yang berperan penting dalam kesehatan jantung dengan menjaga kadar natrium tetap terjaga. 

Potasium dapat membantu mengeluarkan lebih banyak natrium dalam urin yang mengurangi tekanan darah dan mengurangi tekanan dalam pembuluh darah.

(Baca juga: Ini Alasan Blueberry Disebut Buah Terbaik untuk Kesehatan)



3. Pepaya
Menurut penemuan dari Jerman, likopen dalam buah pepaya hampir 3 kali lebih banyak daripada likopen yang ada pada tomat. Itu berarti tubuh Anda dapat menyerap lebih banyak likopen sehingga memberi Anda kesempatan lebih besar untuk menurunkan kolesterol.



4. Yogurt
Yogurt sudah dikenal sebagai probiotik yang baik untuk usus. Microbiome yang sehat dapat menjaga kesehatan jantung. Pastikan memilih yogurt tanpa rasa untuk menghindari gula tambahan.



5. Telur
Menurut penelitian, mengonsumsi telur setiap hari tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang sehat. Ini karena kolesterol yang didapatkan dalam telur tidak berarti kolesterol darah tinggi yang dapat menymbat arteri Anda. Telur juga telah terbukti menurunkan kemungkinan risiko stroke hingga 12 persen.

Telur juga mengandung karotenoid, antioksidan untuk mencegah peradangan. Telur juga mengandung arginin asam amino yang membantu melebarkan pembuluh darah. 

Carilah telur yang diperkaya dengan omega-3, yakni lemak sehat yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.








(TIN)