Studi: Anak yang Minum Susu Nabati Lebih Pendek

Nia Deviyana    •    Selasa, 18 Jul 2017 17:30 WIB
diet
Studi: Anak yang Minum Susu Nabati Lebih Pendek
(Foto: Breasthealth)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak-anak yang minum susu kedelai, almond, atau susu alternatif lainnya kemungkinan memiliki postur tubuh yang lebih pendek dibandingkan mereka yang minum susu sapi.

Periset menganalisis lebih dari 5.000 anak-anak Kanada, menemukan, anak yang berusia 3 tahun yang minum susu non-sapi setiap hari memiliki tubuh setengah inci lebih pendek daripada anak yang minum susu sapi dalam jumlah sama.

Dr Jonathon Maguire dari Rumah Sakit St. Michael di Toronto mengatakan, hasil ini mungkin ada kaitannya dengan makanan anak-anak secara keseluruhan.

Namun, tambah dia, kandungan gizi pada susu alternatif berbeda-beda sehingga masuk akal untuk berhipotesa bahwa beberapa anak mengalami kekurangan gizi dan nutrisi.

Beberapa spesialis gizi anak yang tidak terlibat dalam studi tersebut setuju.

"Kecuali susu kedelai, produk susu alternatif lainnya hampir tidak mengandung protein," ujar Erin Corrigan, pakar diet tersertifikasi di Nicklaus Children's Hospital, Miami.

Menyangkut jumlah lemak, susu alternatif mengandung lebih sedikit lemak - yang mungkin baik untuk orang dewasa, tetapi tidak untuk balita.

Selain itu, tambah Corrigan, kalsium dari susu alternatif tidak dapat diserap sempurna oleh tubuh seperti halnya kalsium pada susu sapi.


(DEV)