Selain Dehidrasi, Ketahui Penyebab Lain Kulit Kering

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 26 Jul 2017 17:26 WIB
kesehatan
Selain Dehidrasi, Ketahui Penyebab Lain Kulit Kering
(Foto: Vixtatic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit kering seringkali disepelekan. Padahal, itu adalah pertanda umum kurangnya cairan dalam tubuh. Berbagai hal memicu terjadinya kulit kering, seperti pola makan dan aktivitas keseharian.

"Kulit kering artinya kurang air. Kondisi ini muncul karena tidak adanya perlindungan yang setebal atau sebaik seharusnya," ujar dokter spesialis kulit kelamin Dr dr Tjut Nurul Alam Jaxoeb, SpKK (K) dalam peluncuran Vaseline Repairing Jelly, Rabu 26 Juli 2017.

Secara keseluruhan, terdapat tiga penyebab utama mengapa beberapa orang memiliki kulit kering. Pertama, karena genetik dimana ini merupakan faktor utama yang menentukan jenis kulit seseorang seperti normal, kering, atau berminyak.

Kedua, faktor usia dimana pertambahan usia membuat lapisan kukut semakin menipis. Ketika masa pertumbuhan, lapisan kulit saat bayi yang tipis akan semakin menebal. Namun, pada fase tertentu, terjadi degradasi pertumbuhan lapisan kulit.

Terakhir, penyebab kulit kering adalah gaya hidup. Salah satu dari kebiasaan yang berakibat buruk pada kulit adalah perpindahan suhu secara drastis.

"Kalau kepanasan biasanya langsung pergi ke ruangan ber-AC, berlama-lama. Padahal itu membuat kukit kita menderita karena menjadi kering, seperti dehidrasi," tukas dokter yang biasa disapa dr. Poppy tersebut.




(DEV)