Susu Rendah Lemak Tingkatkan Risiko Parkinson

Nia Deviyana    •    Minggu, 11 Jun 2017 14:55 WIB
studi kesehatan
Susu Rendah Lemak Tingkatkan Risiko Parkinson
(Foto: Thespiritscience)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susu rendah lemak sering dipilih sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Namun sebuah studi baru menunjukkan, terlalu banyak konsumsi susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko parkinson.

Peneliti menemukan, risiko parkinson lebih besar terjadi pada orang dewasa yang mengonsumsi tiga gelas susu rendah lemak per hari, dibandingkan mereka yang hanya minum satu gelas per hari.

Rekan penulis studi Katherine C Hughes dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston melaporkan temuannya di Jurnal Neurology.

Parkinson merupakan penyakit neurologis yang ditandai dengan tremor, masalah pada pergerakan, gangguan keseimbangan atau koordinasi, serta kekakuan otot.

(Baca: Mengenal Penyakit Parkinson dan Gejalanya)

Penelitian ini melibatkan lebih dari 80 ribu wanita dan 40 ribu pria yang terdaftar dalam Health Professionals Study.

Lebih dari 25 tahun studi, peneliti menemukan ada 1.036 peserta yang mengembangkan penyakit parkinson. Mereka yang rata-rata minum hingga 3 gelas susu rendah lemak per hari, memiliki risiko 34 persen lebih besar. Begitu juga dengan tingginya kebiasaan mengonsumsi serbat dan yogurt beku.

Meski demikian, Hughes mengatakan penelitian mereka bersifat obeservasional sehingga ia tidak dapat menjelaskan bagaimana susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko parkinson.





(DEV)