Problematika Psikologis Generasi Milenial

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 30 May 2017 11:26 WIB
kesehatan mental
Problematika Psikologis Generasi Milenial
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit generasi milenial yang mengalami sindrom kelelahan yang mencakup kelelahan fisik, emosional, dan mental. Beberapa faktor menjadi penyebabnya, seperti dilansir The Healthy Site berikut ini.

1. Kelelahan mental

Generasi milenial memiliki karakter suka tantangan, cepat, dan ambisius. Rasa tidak puas terhadap pekerjaan dan lingkungan yang kemudian mendorong mereka lelah secara mental. Jika tak memiliki manajemen emosi yang baik, kelelahan mental dapat menyebabkan rasa rendah diri, putus asa, bahkan memicu dorongan untuk bunuh diri.

2. Kelelahan fisik

Semangat yang cenderung lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya membuat para generasi milenial mudah mengalami kelelahan fisik. Tak jarang mereka juga mengalami gangguan pencernaan karena sering menunda makan demi menyelesaikan pekerjaan.

3. Performa menurun

Kelelahan berlebih yang dialami kaum milenial dapat berdampak pada kebiasaan keseharian di tempat kerja maupun rumah dimana terjadi penurunan performa dan memberi efek negatif secara keseluruhan.

4. Gangguan dalam beraktivitas

Milenial yang mengalami kelelahan umumnya akan merasa pekerjaan mereka sangat melelahkan. Mereka mulai menjadi sini pada tugas yang diberikan dan rekan kerja mereka.

5. Sulit konsentrasi

Konsentrasi menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan karena mereka kehilangan daya kreativitas dan kurang terorganisir karena kelelahan.


(DEV)