Beberapa Kejadian Aneh Saat Anda Tidur

Yatin Suleha    •    Selasa, 20 Jun 2017 15:29 WIB
tidur
Beberapa Kejadian Aneh Saat Anda Tidur
Mengingau atau berbicara saat tidur disebut juga dengan somniloquy. Dan ini jamak terjadi. (Foto: Greatist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda tidur, mungkin Anda tidak tahu jika Anda bisa tiba-tiba berbicara. Dan ini tentu saja sedikit membuat kaget siapa pun orang yang berada di satu tempat tidur dengan Anda.

Tanda lain yang aneh juga bisa terjadi saat Anda tidur, misalnya merasa jatuh. Beberapa kejadian aneh tersebut dapat dijelaskan di bawah ini:

(Baca juga: Merasa Terjatuh Saat Tidur? Ini penjelasannya)



1. Merasa jatuh
Rasa seperti jatuh saat Anda tidur ini bisa menimbulkan rasa sedikit terkejut. Dalam dunia medis ini disebut juga dengan hypnic jerks. Dan sebanyak 70 persen orang pernah mengalaminya. 

Tidak ada yang mengetahui pasti mengapa ini bisa terjadi. Namun menurut National Sleep Foundation, satu teori mengatakan bahwa ini terjadi akibat "pergeseran alami dari sistem saraf yang terjadi saat Anda tidur."

Teori lainnya mengatakan bahwa otak "salah menginterpretasikan otot yang rileks, dan ini menjadi tanda Anda merasa terjatuh." Penyebab utama kejadian ini meningkat adalah karena Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein atau merasa stres.



2. Mimpi buruk
Tidak ada yang tahu pasti tentang mimpi. Namun ada dua tahapan tidur yang bisa Anda ketahui yaitu, tahap REM (Rapid Eye Movement) dan NREM (Non-rapid Eye Movement). 

"Pada tahap REM, tidur Anda nyenyak dan mimpi datang. Ada peningkatan neuron di dalam otak, jika dibandingkan jika Anda masih dalam tahap NREM."

Menurut  the Division of Sleep Medicine at Harvard Medical School, Amerika, ada banyak kegiatan otak saat kita tidur di fase REM, dibandingkan jika sedang terbangun.

Studi Harvard juga mengungkapkan bahwa ada laporan orang yang terbangun saat di tengah fase REM memiliki mimpi aneh, horor, dan lainnya.

Dan ini bisa terlihat sepertinya mimpi tersebut jelas. Namun mimpi tersebut tak ditemukan saat Anda dalam fase NREM. Dengan demikian, "Pola dari aktivitas mimpi yang dialami dan dilaporkan biasanya karena terbangun saat Anda dalam fase tidur REM."



3. Bicara saat tidur
Mengingau atau berbicara saat tidur bagi orang lain mungkin terlihat lucu. Ini disebut dengan somniloquy. Kondisi ini bisa terjadi baik saat Anda berada dalam fase REM atau NREM. Walau saat tidur mulut dan vokal Anda biasanya tidak aktif, lalu ada "kebocoran motor" yang menyebabkan mereka sementara bisa aktif, dan Anda bisa berbicara keras.

Berbicara keras atau mengigau bisa terjadi saat transisi tahap-tahap REM. Dan jika Anda terus-menerus mengalami hal ini, bisa dikategorikan sebagai "sleep disorder". Tidur berbicara secara sporadis ini cukup jamak terjadi.








(TIN)