Ini Alasan Kenapa Mammogram Baiknya Dilakukan pada Usia 35 Tahun Ke Atas

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Jul 2017 15:14 WIB
kanker payudara
Ini Alasan Kenapa Mammogram Baiknya Dilakukan pada Usia 35 Tahun Ke Atas
(FotoL Chisouthfl)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deteksi dini kanker payudara adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengobati lebih awal agar penyebaran kanker tak semakin parah. Dengan deteksi dini, peluang untuk sembuh juga semakin tinggi.

Selain SADARI (Periksa Payudara Sendiri), pemeriksaan lain yang direkomendasikan yakni mammogram.
Teknik SADARI biasanya dilakukan saat mandi dimana saat pakai sabun kulit terasa licin sehingga lebih peka merasakan adanya benjolan.

"Kalau ada benjolan, jangan panik. Pastikan sedang menstruasi atau tidak. Coba lakukan lagi pada hari ketujuh hingga sepuluh setelah mens. Jika iya, segera pergi ke dokter untuk diperiksa dengan USG," saran dr Siti Sundari Manopo selaku dokter dari Rumah Sakit Onkologi Surabaya (RSOS)

Sementara, dr Sundari menyarankan untuk melakukan metode mammogram pada wanita yang berusia di atas 35 tahun untuk pengecekan kanker payudara. Mengapa demikian?

"Karena kepadatan payudara sudah mulai melunak pada usia tersebut, sehingga perlu dilakukan pemipihan agar gelombang mammogram bisa menangkap adanya benjolan atau potensi benjolan," jawabnya.

Dengan metode mammogram, benjolan bisa dideteksi bahkan dua tahun sebelum munculnya gejala dimana hal tersebut tentunya akan semakin menguntungkan dalam pengobatan.



 


(DEV)