4 Cara Kilat Hilangkan Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 21 Apr 2017 12:16 WIB
tips kesehatan
4 Cara Kilat Hilangkan Stres
Konsumsi sekitar 40 gram dark chocolate per hari selama dua minggu dapat mengurangi jumlah hormon stres, seperti kartisol. (Foto: Pinterest/Recover From Binge Eating)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami tekanan setiap hari, mulai dari rumah, pekerjaan, atau sekolah. Umumnya, kita tak menyadarai efek stres sampai tubuh kita memberi peringatan lewat kesehatan yang menurun. 

Oleh karena itu, melepaskan stres adalah hal yang penting dilakukan. Berikut adalah cara kilat menghilangkan stres, kurang dari 20 menit, bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu luang. 

(Baca juga: Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Stres)



1. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan yang sederhana dapat meringankan stres. Letakkan salah satu tangan di atas pusar dan tarik napas hingga hitungan keempat.

Perut akan melebar sekitar satu inci. Jenis pernapasan ini membantu diafragma untuk bergerak ke arah dalam perut sehingga membuat menekan paru-paru dan membantu jantung untuk lebih bernapas. 



2. Makan cokelat
Konsumsi sekitar 40 gram dark chocolate per hari selama dua minggu dapat mengurangi jumlah hormon stres, seperti kartisol. Selain itu, makan satu kotak coklat bar tanpa adanya distraksi juga dapat menurunkan tingkat stres dan lebih bisa mengontrol diri. 



3. Mewarnai buku

Tingkat stres dapat berkurang dalam waktu kurang dari 10 menit bagi mereka yang suka dengan seni dan kerajinan tangan. Buku mewarnai dewasa dapat memberi efek merilekskan dan terapi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan suatu hal berbau seni dapat membantu merilekskan mereka yang stres karena merawat kerabat mereka yang sakit. 



4. Jalan-jalan
Berjalan-jalan dapat meningkatkan kadar norepinephrine, bahan kimia yang membantu otak mengatasi stres. Selain itu, melakukan aktivitas ringan di luar ruangan dapat meningkatkan suasana hati dan energi.







(TIN)