Terlalu Sering Melihat Gadget Turunkan Intensitas Berkedip

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 21 Apr 2017 15:04 WIB
kesehatan mata
Terlalu Sering Melihat Gadget Turunkan Intensitas Berkedip
Cegah computer vision syndrome dengan mengistirahatkan mata setiap 20 menit setelah melihat ke layar. Pandanglah ke arah lain sejauh 20 meter selama 20 detik. (Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melihat gadget seakan menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Namun, bila tidak diistirahatkan dengan tepat, kesehatan mata pun akan menurun.

"Era gadget saat ini dapat menimbulkan computer vision syndrome dimana salah satu efeknya adalah penurunan intensitas kedipan mata, misalnya dari 20 kali per detik menjadi sembilan kali," jelas dr. Damara Andalia, SpM selaku Head of Eye Check Jakarta Eye Center (JEC) dalam konferensi pers Special Eye Check Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).



Gangguan tersebut juga dapat membuat mata cepat kering dan mudah iritasi bila tidak diistirahatkan sesekali.

(Baca juga: Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Selain Vitamin A)

"Tips gampangnya kalau mau cegah sindrom tersebut adalah istirahatkan mata setiap 20 menit setelah melihat ke layar. Pandanglah ke arah lain sejauh 20 meter selama 20 detik," saran dr. Emma Rusmayani, SpM selaku dokter spesialis glaukoma di JEC pada kesempatan yang sama.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun berisiko terkena sindrom tersebut karena sudah terbiasa terpapar layar gadget. Aktivitas dengan jarak pandang dekat tersebut tentunya menimbulkan penurunan kualitas kesehatan mata.



"Kemungkinan besar pertambahan minus (miopi) anak akan semakin besar dan mereka rentan mengalami mata kering," ungkap dr. Damara.

Oleh karena itu, dr. Damara menyarankan agar anak-anak sebaiknya seimbang dalam bermain di luar ruangan dan melihat gagdet. Hal ini dikarenakan bermain di luar ruangan, yang artinya menjauhkan diri dari gadget, dapat membuat mata beristirahat sejenak. 







(TIN)