Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Bronkitis

Torie Natalova    •    Selasa, 01 Nov 2016 09:44 WIB
kesehatan
Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Bronkitis
Untuk mengobati bronkitis, konsumsi daun basil dalam keadaan yang mentah agar hasilnya bisa lebih maksimal. (Foto: BBci)

Metrotvnews.com, Jakarta: Batuk dan sulit bernapas tentu tidak menyenangkan, terlebih jika itu terjadi saat batuk yang tak kunjung sembuh hingga berbulan-bulan, Ini merupakan tanda Anda mengalami bronkitis kronis akibat paru-paru yang meradang. Bronkitis kronis adalah penyebab utama ketiga kematian di Amerika. 

Meskipun bronkitis bisa diobati dengan obat-obatan seperti inhaler, Anda juga bisa mengobatinya dengan cara alami. Ini adalah cara alternatif untuk mengobati bronkitis.

1. Basil
Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati peradangan paru-paru di India. Untuk mengobati bronkitis, konsumsi daun basil dalam keadaan yang mentah agar hasilnya bisa lebih maksimal.

2. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki kandungan anti peradangan. Konsumsi satu sendok teh kunyit yang dicampurkan dalam susu dan minum dua hingga tiga kali sehari. Tetapi, waktu terbaik minum ramuan kunyit adalah pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

(Baca juga: Batuk tak Kunjung Sembuh? Waspadai Penyakit Ini)

3. Yoga
Yoga memiliki banyak manfaat untuk penderita bronkitis. Yoga berfokus pada penapasan dalam dan postur tubuh yang tepat. Penelitian menemukan bahwa hal itu mengarah pada peningkatan fungsi paru-paru sehingga Anda tidak lagi mengalami ketergantungan menggunakan inhaler. 

Teknik pembersihan yoga dapat menghilangkan lendir yang berlebihan, gejala bronkitis dan menurunkan peradangan di saluran udara Anda. Teknik pernapasan pada yoga yang disebut kapalabhati, dapat meningkatkan kemampuan untuk bernapas selama batuk kejang terjadi.

Penelitian menemukan bahwa hanya 20 menit latihan pernapasan yoga dapat membantu menenangkan serangan batuk akibat bronkitis yang dipicu asma atau alergi.

4. Meditasi
Seperti yoga, meditasi fokus pada pernapasan yang dalam sehingga memperkuat paru-paru. Ini berarti tubuh Anda membiarkan oksigen masuk lebih banyak dan mampu meningkatkan fungsi paru-paru Anda.






(TIN)