Pisang yang Matang dapat Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah

Torie Natalova    •    Senin, 21 Nov 2016 13:06 WIB
kecantikan
Pisang yang Matang dapat Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah
Pisang yang telah matang sangat berguna untuk menyingkirkan kulit kaki yang pecah-pecah. (Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaki pecah-pecah biasanya terjadi di musim dingin. Kurangnya kelembapan udara membuat retak pada kaki khususnya di bagian tumit.

Berdiri selama berjam-jam dengan menggunakan sepatu yang tidak tepat, juga bisa menyebabkan tumit kaki retak-retak. Kulit kaki yang pecah-pecah tak hanya merusak penampilan saat memakai sepatu yang terbuka, tapi juga bisa membuat Anda kesakitan. Kurang merawat kaki yang pecah-pecah bisa menyebabkan kaki berdarah juga infeksi. 

Anda mungkin sering menggunakan produk penghilang kulit pecah-pecah namun belum bisa menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. Tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami seperti pisang untuk mengobati tumit kaki yang pecah-pecah tersebut.

Pisang yang telah matang sangat berguna untuk menyingkirkan kulit kaki yang pecah-pecah. Haluskan satu atau lebih buah pisang yang telah matang hingga menjadi berbentuk seperti pasta tebal. 

Anda juga bisa menambahkan alpukat ke dalamnya dan kemudian terapkan pasta ke bagian kaki yang retak. Kemudian, cuci kaki secara menyeluruh dengan air dingin dan air hangat.

Selain menggunakan pisang, melakukan scrub juga bisa mengatasi kulit pecah-pecah. Scrub dengan menggunakan batu khusus ataupun produk scrub akan mengangkat sel kulit mati. Lakukan ini saat mandi atau sebelum tidur di malam hari karena lebih efektif mengangkat kulit yang retak.

Rendam dahulu kaki Anda di air hangat untuk melunakkan kulit yang keras sehingga proses scrub lebih mudah. Setelah itu aplikasikan pelembap agar kulit tidak kering.

(Baca juga: 8 Bahan Alami untuk Kecantikan Kulit)

Khasiat minyak kelapa dan jeruk lemon
Minyak kelapa dan jeruk lemon juga bisa mengatasi kulit pecah-pecah. Terapkan minyak kelapa di kulit yang retak untuk membantu melembapkannya dan membasmi jamur juga infeksi bakteri. 

Anda juga bisa menggunakan air kelapa setelah melakukan scrub dan untuk membersihkan kaki.

Asam alami pada jeruk lemon dapat mengangkat sel kulit mati di kaki dan membuatnya bersinar. Tambahkan air perasan jeruk lemon dalam air hangat dan gosok pada kulit kaki sekitar 10 menit. Gosok perlahan, cuci dan keringkan.

Adapun asam asetat dalam cuka dapat melembutkan kulit dan membantu proses pengelupasan kulit mati. Campurkan secangkir cuka sari apel dalam dua gelas air dan rendam kaki selama 10-15 menit. Kemudian, gosok kaki, bersihkan dan keringkan. Oleskan pelembap setelah menggunakan ramuan ini.








(TIN)