Kopi Perkecil Risiko Alzheimer dan Parkinson

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 30 Nov 2016 11:17 WIB
studi kesehatan
Kopi Perkecil Risiko Alzheimer dan Parkinson
(Foto: Drum.fit)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda seorang pecinta kopi dan terbiasa menghabiskan 3-5 cangkir dalam sehari? Jika ya, mungkin kopi bisa membantu Anda terhindar dari beberapa risiko penyakit.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa mengonsumsi kopi dalam taraf sedang menciptakan proteksi melawan penurunan kognitif karena bertambahnya usia dan penyakit neurogenesisi lainnya seperti Alzheimer dan Parkinson.

Para peneliti dari University of Coimbra (CNC) di Portugal tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi kopi secara rutin dalam jangka waktu panjang dapat menurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 27 persen.

Proteksi terbaik dalam melawan penurunan kognitif tersebut adalah sebanyak 3-5 cangkir kopi per hari.

"Konsumsi kopi sedang berperan secara signifikan dalam mengurangi penurunan kognistif yang akan berdampak pada kesehatan secara umum dan biaya perawatan kesehatan," ujar Professor Rodrigo A. Cunha, peneliti dari universitas tersebut.

Polifenol dalam kafein berperan sebagai agen anti peradangan yang sama seperti antioksidan. Menurut para peneliti, kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi kognitif.

European Food Safety Authority (EFSA) sendiri mengungkapkan bahwa asupan kafein sekitar 400 miligram, setara dengan lima cangkir per hari, dan jumlah tersebut tidak menunjukkan hasil yang mencemaskan bagi orang dewasa.(Boldsky)

 


(DEV)