5 Langkah Menjaga Keseimbangan Hormon

Nia Deviyana    •    Rabu, 23 Nov 2016 13:21 WIB
tips kesehatan
5 Langkah Menjaga Keseimbangan Hormon
(Foto: exploreyourhealt)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan fisik dan mental dipengaruhi oleh keseimbangan hormon. Untuk menjaga agar hormon tetap stabil, penting mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat.

Berikut ini adalah hormon yang penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, dan asupan nutrisi yang meningkatkan fungsi hormon tersebut di dalam tubuh.

1. Testosteron

Hormon ini tak hanya berperan untuk sistem reproduksi dan meningkatkan gairah seks, tetapi juga mendistribusikan lemak dan menjaga kepadatan tulang.

Bagi pria, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi produk kedelai seperti edamame, tahu, dan tepung putih karena dapat mengurangi produksi hormon ini. Lebih dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi anggur, delima. dan telur untuk menjaga keseimbangan testosteron.

2. Estrogen

Estrogen memiliki banyak kontribusi terhadap fungsi tubuh perempuan, antara lain mengatur siklus mentruasi, menjaga kekuatan tulang, dan melindungi janin dari paparan penyakit. Untuk menjaga kestabilan hormon ini direkomendasikan memperbanyak konsumsi biji-bijian, kedelai, buah, dan sayur terutama brokoli dan kubis.

3. Adrenalin


Kekurangan hormon adrenalin berkaitan dengan tingkat stres yang tinggi, mudah marah, dan kelelahan. Sebaliknya, kelebihan hormon ini memicu peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Untuk menyeimbangkannya cukup mudah, yakni dengan mengonsumsi minuman hangat yang dapat merileksasi tubuh, seperti teh hijau. Mendengarkan alunan musik yang lembut juga baik untuk keseimbangan hormon ini.

4. Kortisol

Kortisol sering disebut hormon stres. Namun, jika kadarnya di dalam tubuh seimbang, hormon ini bermanfaat dalam meningkatkan gairah bercinta, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kinerja organ pencernaan, serta mencegah obesitas. Mengelola stres adalah langkah tepat untuk menjaga keseimbangan kortisol.

5. Insulin


Hormon ini berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Rutin berolahraga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan insulin.


(DEV)