5 Penyebab Mual yang Harus Anda Ketahui

Torie Natalova    •    Jumat, 18 Nov 2016 17:26 WIB
kesehatan pencernaan
5 Penyebab Mual yang Harus Anda Ketahui
Cara terbaik untuk mengobati mual tanpa penyebab adalah menghentikan apapun yang mungkin dapat mengganggu lapisan perut seperti merokok, alkohol, makanan pedas. (Foto: Womenshealthmag)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mual tidak selalu pertanda kehamilan. Mual bisa menjadi indikator banyak hal yang wajib untuk Anda perhatikan lebih.

Mual bisa karena apapun mulai dari makan makanan yang salah hingga tanda dari kanker pankreas. Jika hal ini terus menerus terjadi dan menghambat Anda untuk mendapatkan serta mempertahankan nutrisi untuk tubuh, segera ke dokter.

Ini adalah beberapa alasan mengapa perut Anda mual dan membuat rasa tidak nyaman sepanjang hari.

1. Anda menderita migrain
Mual terkadang berkaitan dengan migrain atau sakit kepala sebelah. Beberapa orang mungkin tidak memiliki hubungan ini. 

Sayangnya, peneliti juga tidak mengetahui pasti penyebab migrain dan mual yang mengikutinya. Jika merasakan mual karena migrain, minum obat sakit kepala sebelah.

2. Anda memiliki Pelvic Congestion Syndrome
Salah satu penyebab umum nyeri perut dan mual adalah pelvic congestion syndrome. Ini disebabkan insufisiensi vena di panggul. Hal ini sama seperti wanita mendapatkan varises di kaki.

Vena ini membengkak dan memenuhi ruang di panggul sehingga vena melebar dan menekan usus, ovarium, rahim dan kandung kemih. Umumnya, penyakit ini bisa diobati dengan prosedur invasif minimal.

(Baca juga: Tak Sekadar Turunkan Berat Badan, Diet MIND Tingkatkan Fungsi Otak)

3. Anda stres
Masalah besar lainnya bagi perut adalah stres, yang dapat berkontribusi untuk gastritis atau peradangan pada lapisan lambung. Karenanya, sangat penting untuk mengembangkan teknik mengatasi stres seperti meditasi. 
Penting juga untuk menghindari makanan pedas, makan camilan, dan kafein untuk mengurangi masalah perut.

4. Anda mengalami batu empedu
Mual dan muntah adalah dua hal dari gejala batu empedu, kata Dokter Penyakit Dalam Sandra Fryhofer. Jika Anda merasa perut kanan atas dan demam tinggi, segera ke dokter. 

Tanda-tanda Anda sedang berhadapan dengan ulkus atau pendarahan gastrointernal termasuk buang air besar yang banyak dan lembek, dan terlihat seperti bubuk kopi.

5. Pil KB
Pil KB atau vitamin yang tidak cocok dengan tubuh bisa sebabkan mual. Ini merupakan bagian dari efek samping pemakaian obat seperti pil KB. Untuk mengatasi mual karena ini, cobalah makan makanan yang asin seperti biskuit asin atau jahe.

Kondisi-kondisi tersebut harus Anda perhatikan, terutama jika Anda sedang tidak hamil dan sering mengalami mual.

Jika mual Anda tidak memiliki penyebab yang spesifik, ada beberapa hal mudah untuk mengatasinya. Cara terbaik untuk mengobati mual tanpa penyebab adalah menghentikan apapun yang mungkin dapat mengganggu lapisan perut seperti merokok, alkohol, makanan pedas dan kurangi makanan penuh rasa juga probiotik.






(TIN)