Terlalu Banyak Minum Kopi Sebabkan Kedutan pada Mata

Nia Deviyana    •    Minggu, 06 Nov 2016 15:42 WIB
informasi kesehatan
Terlalu Banyak Minum Kopi Sebabkan Kedutan pada Mata
(Foto: Sswitwick)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minum kopi dapat menyegarkan tubuh. Apalagi, jika dikonsumsi pada pagi hari sebelum beraktivitas, atau kala pikiran sedang penat.

Namun, harus diingat agar tidak kebanyakan. Berdasarkan berbagai penelitian, minum kopi secara berlebihan bisa mengakibatkan efek samping yang merugikan tubuh. Seperti dijabarkan Prevention berikut.

1. Gelisah dan mudah marah

"Kebanyakan kafein dalam tubuh meningkatkan kinerja saraf simpatik sehingga terjadi kecemasan, kegelisahan, peningkatan denyut jantung, dan mudah marah," ujar Michael Yassa, PhD, profesor neurobiologi dan perilaku di University of California.

2. Kelelahan

Sebuah studi yang dipublikasikan Jurnal Neuropsychopharmacology menemukan, konsumsi kafein secara berlebihan mengakibatkan kelelahan dan turunnya produktivitas.

3. Sering buang air kecil

Kopi meningkatkan fungsi diuretik, yang akan meningkatkan frekuensi buang air kecil Anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Pastikan minum banyak air setelah minum kopi agar tubuh senantiasa terhidrasi.

4. Kedutan pada mata

Selama ini, kedutan pada mata kebanyakan dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu. Padahal, salah satu penyebabnya ternyata karena Anda terlalu banyak minum kopi.

Penelitian dari New York University menunjukkan bahwa kafein memicu pelepasan seretonin dan nonadrenalin, neurotransmitter yang dapat meningkatkan reaktivitas pada otot dan saraf.

5. Mulas

Kopi memiliki efek pencahar terhadap 30 persen orang. Para ilmuwan menduga, kopi meningkatkan asam di lambung dan menstimulasi usus yang membuat perut mulas.


(DEV)