Tanda-tanda Kista Endometriosis

Yatin Suleha    •    Selasa, 15 Nov 2016 08:00 WIB
kesehatan
Tanda-tanda Kista Endometriosis
Salah satu tanda kista endometriosis adalah nyeri saat datang bulan, biasanya nyeri berlangsung beberapa hari sebelum menstruasi dan berakhir hingga akhir menstruasi. (Foto: 3.bp.blogspot)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa saja sebenarnya tanda-tanda kista endometriosis? Mungkin salah satu yang Anda ketahui adalah sakit ketika waktu menstruasi. Apalagi gejalanya selain tanda tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Berikut ini tanda-tanda Anda memiliki kista endometriosis menurut dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K) dari FKUI-RSCM, Jakarta antara lain:

(Baca juga: Hamil Dengan Kista)

1. Nyeri saat datang bulan, biasanya nyeri berlangsung beberapa hari sebelum menstruasi dan berakhir hingga akhir menstruasi.

2. Nyeri pada perut bawah dan daerah pinggul.

3. Nyeri saat berhubungan seksual. Biasanya menjadi sulit untuk hamil.


Kapan ditangani?
Idealnya, menurut Prof. DR. M. Farid Azis, SpOG, spesialis dan ginekologi dari FKUI-RSCM, Jakarta, pengangkatan kista atau miom dilakukan bersamaan dengan persalinan. Sedangkan jika terpaksa harus diambil sebelum persalinan, waktu yang tepat dan aman untuk operasi pengambilan kista atau miom adalah usia kehamilan 14 minggu.

"Pada usia tersebut, plasenta sudah terbentuk sempurna sehingga dapat mengambil alih fungsi ovarium untuk mempertahankan hormon pada masa kehamilan sehingga risiko keguguran pun berkurang."






(TIN)