5 Langkah Mengontrol Diabetes

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 24 Mar 2017 15:46 WIB
kalbe nutritionals
5 Langkah Mengontrol Diabetes
Bagi Anda penyandang diabetes, ada lima cara untuk membantu mengontrol penyakit tersebut. Ilustrasi foto: netdoctor

Metrotvnews.com, Jakarta: Diabetes termasuk penyakit mematikan. Diabetes dijuluki sebagai "mother of all the diseases" yang menjadi awal munculnya berbagai macam penyakit komplikasi, seperti jantung, kerusakan syaraf, dan ginjal. Oleh karena itu, penyakit ini tak bisa dianggap remeh karena bisa mengakibatkan kematian.

Menurut International Diabetic Federation tahun 2014, prevalensi diabetes di seluruh dunia mengalami peningkatan setiap tahun. Di Eropa tercatat 39 juta orang terdeteksi diabetes. Di Afrika sebanyak 25 juta orang, dan Asia Pasifik 132 juta orang.

Gun amenghindari penyakit diabetes, Anda dianjurkan menjalankan gaya hidup sehat dan membatasi makanan dengan kalori berlebihan. Bagi Anda penyandang diabetes, ada lima cara untuk membantu mengontrol penyakit tersebut.

1. Bergabung dalam komunitas dan aktif mencari informasi perawatan diabetes

Komunitas penyandang diabetes akan sangat membantu dalam mengontrol penyakit ini. Anda akan merasa tidak sendirian dalam melawan diabetes. Kehadiran komunitas juga sebagai alarm pengingat Anda untuk senantiasa mengontrol diabetes. Disarankan, dalam komunitas tersebut juga terdapat ahli diabetes, ahli gizi, ahli endokrin, podiatris, psikolog, atau terapis untuk memudahkan kontrol ataspenyakit diabetes.

2. Kendalikan berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pendorong utama epidemi diabetes. Oleh karena itu, sangat disarankan penyandang diabetes dapat menjaga indeks masa tubuh ideal.

3. Aktif olahraga

Penyandang diabetes dianjurkan rutin berolahraga, yaitu tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit. Olahraga akan membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu insulin bekerja lebih baik.

4. Hindari stres
Diabetes berhubungan erat dengan stres. Sebab, stres meningkatkan glukosa darah dan memperbesar risiko serangan jantung. Sebagian orang memilih merokok untuk meredakan stres. Cara ini dilarang, karena menghisap tembakau memengaruhi paru-paru dan mempersempit pembuluh darah.

5. Atur pola makan
Ingat, pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama diabetes.Jika sudah terjangkit, Anda harus mengontrol pola makan. Penyandang diabetes disarankan makan makanan yang mengandung seratt inggi, seperti buah-buahan, sayur, dan gandum utuh. Anda juga harus mengontrol asupan karbohirat dan menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis.

Untuk membantu mencukupi nutrisi harian, penyandang diabetes dapat mengonsumsi Diabetasol. Ini adalah asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk penyandang diabetes.

Keunggulan Diabetasol yaitu nilai gizinya lengkap dan seimbang sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makan, Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga kenaikan gula darah setelah makan tidak meningkat secara drastis, serta Indeks Glikemiknya rendah (31) sehingga dapat diserap perlahan-lahan oleh tubuh.

Diabetasol tersedia dalam pilihan rasa cokelat, vanila, dan cappucino yang bisa dipilih sesuai selera. Diabetasol dapat diminum setiap hari, yaitu 2 gelas/hari sebagai pengganti makan utama (pagi dan malam) atau pengganti makan total (Per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal).
    


(ROS)