Sodium pada Produk Susu Bantu Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 Nov 2016 07:00 WIB
studi kesehatan
Sodium pada Produk Susu Bantu Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sodium tidak memberikan efek negatif pada pembuluh darah. (Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi sodium dalam produk susu, seperti keju, dapat melindungi tubuh dari beberapa efek sodium pada sistem kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi. Berdasarkan para peneliti, proteksi tersebut muncul dari kandungan antioksidan dalam protein susu dalam keju.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sodium tidak memberikan efek negatif pada pembuluh darah seperti yang telah diteliti pada makanan non susu yang bersodium.

"Kami menemukan, ketika partisipan makan banyak zat sodium dalam keju, mereka memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik, dibandingkan saat mereka makan sodium yang tidak berasal dari produk susu seperti pretzel atau keju kedelai," ujar Anna Stanhewicz, mahasiswa pasca-sarjana di Pennsylvania State University.

Namun, penemuan tersebut kemungkinan akan berimplikasi pada rekomendasi pola makan. "Rekomendasi pola makan terbaru menyarankan untuk membatasi sodium, namun data kami menunjukkan bahwa makan sodium di produk susu, seperti keju, justru memproteksi," ujar Lacy Alexander, asisten profesor di Pennsylvania State University.

(Baca juga: Inilah 7 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi)

Dalam studi, para peneliti memberi makan para pastisipan keju susu pretzel, atau keju kedelai dalam lima kondisi berbeda, tiga hari berbeda.

Kemudian mereka membandingkan efek pada tiap makanan pada sistem kardiovaskular menggunakan sistem laser tertentu yang mampu menyinari daerah kulit.

Selanjutnya, studi menemukan bahwa kedelai mampu berperan sebagai kontrol tambahan pada lemak, garam, dan protein pada sumber makanan yang tidak berasal dari susu.

Para peneliti juga mengamati bahwa partisipan yang memiliki pelebaran oksida-dimediasi pada nitrat yang lebih banyak setelah makan keju susu, dibandingkan dengan makan pretzel atau keju kedelai.





(TIN)