Bila Dikonsumsi Berlebihan, 3 Makanan Ini Picu Diare

Nia Deviyana    •    Selasa, 08 Nov 2016 19:19 WIB
informasi kesehatan
Bila Dikonsumsi Berlebihan, 3 Makanan Ini Picu Diare
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gangguan pencernaan seperti diare dan kembung tak hanya terjadi akibat mengonsumsi makanan yang kurang higienis. Diare bisa terjadi akibat reaksi penolakan tubuh karena makanan tersebut tidak seharusnya dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Ada tiga jenis makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.


1. Gorengan dan makanan manis

Menurut ahli pencernaan Frank Jackson, MD, perut dan sistem pencernaan terkadang mengalami gangguan akibat makanan tertentu. Apalagi, jika makanan tersebut dikonsumsi saat stres. Dia mencontohkan, makan makanan tinggi lemak saat stres dapat memicu diare. Sebabnya, pada kondisi stres, tubuh tak dapat memecah dan menyerap lemak dengan baik.

Hindari pula mengonsumsi makanan yang mengandung fruktosa seperti soda, permen, jus buah, dan kue. Makanan ini termasuk yang sulit dicerna sehingga dapat memicu diare jika dikonsumsi berlebihan.

2. Permen karet

Mengunyah terlalu banyak permen karet bebas gula dan mengandung sorbitol (pengganti gula) bisa menyebabkan perut kram dan diare. Badan pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) memperingatkan, mengonsumsi sorbitol lebih dari 50 gram per hari meningkatkan risiko diare.

3. Mengandung banyak serat

Makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan sayuran memang baik untuk pencernaan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, dapat meningkatkan gas dan menyebabkan kembung. Hindari konsumsi berlebih kacang polong, kubis, dan brokoli.
 
 



(DEV)