Bersepeda Terlalu Lama Turunkan Gairah Seks

Torie Natalova    •    Minggu, 02 Oct 2016 13:24 WIB
seks dan kesehatan
Bersepeda Terlalu Lama Turunkan Gairah Seks
(Foto: Wikimenia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda, para perempuan yang gemar olahraga di tempat fitness, terutama menggunakan sepeda statis sebagai pemanasan, sebaiknya berhati-hati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine and everything, terlalu sering menaiki sepeda statis ternyata dapat melemahkan hasrat seksual.

Bagaimana hal itu terjadi?

Dalam studi yang dilakukan pada 2012 lalu tersebut, peneliti membandingkan sekelompok perempuan yang gemar lari dengan gemar bersepeda. Hasilnya, perempuan yang sering bersepeda memiliki dampak negatif pada bagian organ intim mereka.

Dampaknya, vagina menjadi kurang sensitif sehingga sangat mempengaruhi kehidupan seksual.

Dari studi yang dilansir Cosmopolitan, peneliti menemukan bahwa bersepeda dengan setang yang diposisikan lebih rendah dari sadel atau tempat duduk sepeda, cenderung menyebabkan dampak yang paling besar terhadap kehidupan seksual perempuan yang sering
bersepeda.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena peningkatan tekanan pada bagian perineum yang berdampak pada sensasi bibir kelamin sebelah kiri. Pada perempuan, perineum terletak di antara lubang anus dan vulva. Sementara pada laki-laki, perineum
terletak di antara lubang anus dan skrotum.

Jika Anda setiap hari dan dalam waktu lama menaiki sepeda, tentunya tekanan
tersebut akan semakin kencang.

Tak hanya perempuan, para laki-laki juga harus hati-hati. Dampak berkurangnya sensitivitas pada kelamin akibat sering bersepeda juga
bisa terjadi. Bahkan, untuk kasus yang parah perineum yang terus tertekan bisa sebabkan disfungsi ereksi.

Anda tak perlu khawatir. Ada cara untuk menghindari dampak buruk dari terlalu sering bersepeda yaitu dengan menempatkan beberapa bantalan yang diletakkan di sadel atau tempat duduk sepeda. Ini berguna untuk memberikan waktu perineum Anda istirahat.

Selain itu, Anda bisa mulai mengurangi waktu latihan olahraga sepeda statis untuk menghindari berkurangnya sensitivitas organ intim Anda.

 


(DEV)