Alasan Mengapa Jangan Pernah Mencabut Kulit Kecil Dekat Kuku

Raka Lestari    •    Senin, 05 Feb 2018 15:14 WIB
kesehatan kulit
Alasan Mengapa Jangan Pernah Mencabut Kulit Kecil Dekat Kuku
Sepotong kulit kecil yang robek di dekat kuku jari tangan atau jari kaki yang biasanya disebut dengan hangnail tentunya cukup mengganggu. Terlebih lagi jika luka kecil tersebut bergesekan. (Foto: Suhyeon Choi/Unsplash,com)

Jakarta: Sepotong kulit kecil yang robek di dekat kuku jari tangan atau jari kaki yang biasanya disebut dengan hangnail tentunya cukup mengganggu. Terlebih lagi jika luka kecil tersebut bergesekan dengan benda-benda lain biasanya akan menyebabkan rasa perih. 

"Sebagian besar orang tidak memperhatikan luka kecil di sekitar jari-jari mereka sampai mereka merasakan ada sesuatu yang terasa perih di sekitar kuku atau rasa sakit karena peradangan," kata Benjamin J. Jacobs, M.D., ahli bedah tangan di Rebound Orthopaedics and Neurosurgery di Portland, Oregon. Dan berikut ini adalah cara terjadinya hangnail dan bagaimana jika jari Anda mengalami hangnail.

Apa itu hangnail?
"Hangnail bukanlah bagian dari kuku Anda, ia terbentuk dari sel kulit kecil yang menonjol di dekat kuku Anda," kata Dawn Davis, M.D., dermatologis di Mayo Clinic. Orang dengan kulit kering biasanya lebih sering mengalaminya kata Dr. Jacobs. 

(Baca juga: 6 Kesalahan dalam Merawat Kulit)

Itu karena kulit kering dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap kerusakan dari unsur-unsur seperti cuaca dingin atau air, yang bisa memicu pemisahan kulit. "Hangnails biasanya berada di ujung jari di dekat kuku. Ada banyak ujung saraf dan pembuluh darah di daerah ini," kata Dr. Davis. Sehingga menyebabkan rasa sakit.

 
(Sepotong kulit kecil yang robek di dekat kuku jari tangan atau jari kaki yang biasanya disebut dengan hangnail tentunya cukup mengganggu. Terlebih lagi jika luka kecil tersebut bergesekan. Foto: Lyndsey Marie/Unsplash.com)

Bagaimana cara mengobati hangnail? 
Hindari godaan untuk mencabut kulit kecil yang keluar dari jari-jari Anda tersebut. Tidak hanya dengan mencabut jaringan yang meradang akan terasa sakit, tapi Anda juga membiarkan jari-jari Anda rentan terhadap infeksi. 

"Ketika Anda menariknya, Anda biasanya merobek beberapa permukaan kulit normal yang mencegah bakteri," kata Dr. Jacobs. "Ketika Anda melepas kulit kecil tersebut, Anda bisa terkena infeksi kulit di sekitarnya."

Sebaiknya Anda merendamnya dengan air hangat untuk melembutkan kulit Anda. Bersihkan gunting kuku Anda dengan alkohol, kemudian potong hangnail tersebut dekat kulit normal Anda, kata Dr. Jacobs.

Cara mencegah terjadinya hangnail
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi jari-jari Anda dari hangnail. Yang pertama, jagalah agar kulit Anda tetap terhidrasi agar tidak mengering, mencegah lebih daripada mengobati, kata Dr. Jacobs.

"Menggunakan lotion tangan topikal secara teratur akan membantu menjaga kulit tetap lembut dan menghindari kekeringan, oleskan lotion secara teratur, seperti setelah mandi dan setelah mencuci tangan," katanya.










(TIN)