Bersosialisasi Bantu Cegah Pikun pada Orang Tua

Nia Deviyana    •    Selasa, 07 Nov 2017 14:33 WIB
kesehatan
Bersosialisasi Bantu Cegah Pikun pada Orang Tua
(Foto: Indian Express)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mempertahankan jaringan sosial dan membangun persahabatan dipercaya menjadi salah satu cara untuk memperlambat penurunan memori.

Temuan menganalisis mereka yang berusia 80 keatas dan memiliki kemampuan kognitif setara usia 50 atau 60-an, ternyata memiliki kehidupan sosial yang baik dibanding rekan sejawat mereka dengan kemampuan kognitif rata-rata.

"Studi ini mendukung teori bahwa dengan mempertahankan jaringan sosial yang kuat, Anda bisa memperlambat penurunan memori," kata Emily Rogalski, Profesor di Northwestern University, AS.

Studi ini sangat menarik sebagai langkah untuk mempelajari faktor apa saja yang memengaruhi kemampuan kognitif lansia," tambah Amanda Cook, mahasiswa doktoral Univesitas tersebut.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis di usia tua berkaitan dengan penurunan risiko berkembangnya demensia alzheimer.

"Tetapi tidak sesederhana mengatakan 'jika Anda memiliki jaringan sosial yang kuat, maka Anda tidak akan menderita Alzheimer.' Selain itu ada beberapa hal yang juga harus dilakukan seperti menjaga pola makan dan tidak merokok," lanjut Rogalski.

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One ini, partisipan yang terlibat menjawab 42 pertanyaan kuesinoner untuk mengukur kesejahteraan psikologis yang mencakup otonomi, hubungan positif dengan orang lain, kemampuan berbaur dengan lingkungan, perkembangan diri, tujuan hidup, dan penerimaan diri.




(DEV)