Cara Singkat Buang Pikiran Negatif

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 05 Jan 2018 19:08 WIB
kesehatan
Cara Singkat Buang Pikiran Negatif
Terus pikirkan satu hal positif itu dan pertahankan keadaan positif itu sampai pikiran negatif telah hilang. (Foto: Simon Migaj/Unsplash,com)

Jakarta: Ahli yoga dan meditasi Krishna Dasgupta menyarankan sebuah teknik sederhana untuk membantu menghilangkan pikiran negatif yang terus-menerus ada di otak. Dengan demikian, perasaan akan lebih tenang dan stres pun berkurang. 

Berikut adalah beberapa teknik yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengusir perasaan yang membuat suasana hati memburuk. 

1. Tutuplah mata dan duduklah dalam ruangan yang tenang agar tak terganggu.

2. Aturlah napas dan biarkan pikiran mengalir. Jangan terganggu oleh pikiran, perkataan, atau perasaan yang dapat membuat Anda merasa tak nyaman dan marah. 

3. Amati bagaimana pikiran Anda membuat Anda merasa. Perhatikan apa yang Anda lihat, dengar, cium atau cicipi.


(Bayangkan Anda melepaskan pikiran atau perasaan negatif. Bisa berbentuk orang, objek atau warna tertentu. Foto: Kalen Emsley/Unsplash.com)

(Baca juga: Meditasi Singkat Berikut Dapat Menekan Rasa Stres)

4. Putuskan apa yang ingin Anda ganti dengan perasaan, pikiran atau kata itu. Bisa jadi apapun yang membuat Anda merasa enak atau yang rasanya enak atau harum. Anda bisa menggunakan memori bahagia Anda di masa lalu untuk menggantikan pemikiran negatif.

5. Bayangkan Anda melepaskan pikiran atau perasaan negatif. Bisa berbentuk orang, objek atau warna tertentu.

6. Bawalah pikiran positif dan jauhkan pikiran negatif. Terus pikirkan satu hal positif itu dan pertahankan keadaan positif itu sampai pikiran negatif telah hilang.

7. Perlahan buka matamu dan lihatlah suatu tempat untuk beberapa lama. Cobalah untuk mengamati napas Anda saat Anda melakukannya supaya merasa damai.









(TIN)