Asupan Vitamin D Tingkatkan Kualitas Hidup Penderita Kanker Payudara

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 06 Nov 2017 20:06 WIB
studi kesehatan
Asupan Vitamin D Tingkatkan Kualitas Hidup Penderita Kanker Payudara
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah riset menyebutkan bahwa  kadar Vitamin D memengaruhi kelangsungan hidup penderita kanker payudara. Berdasarkan analisi yang dilakukan terhadap 1.700 pasien kanker payudara di California, ditemukan bahwa penderita yang memiliki tingkat Vitamin D lebih tinggi memiliki kualitas hidup lebih baik. Temuan ini juga berkaitan dengan wanita premenopause.

 
Para peneliti menemukan, kadar Vitamin D yang rendah pada wanita premenopause berpengaruh terhadap tumor dan triple-negatif kanker. Triple-negatif kanker adalah jenis yang paling umum kanker payudara yang ditemukan pada wanita akibat perubahan pada gen yang disebut BRCA1.
 
Peneliti mencatat, temuan ini sejalan dengan studi sebelumnya yang juga dipengaruhi faktor lain. Namun, peneliti belum bisa membuktikan sebab dan akibat antara Vitamin D dengan kelangsungan hidup penderita kanker payudara.
 
"Temuan kami memberikan bukti pengamatan untuk invers Asosiasi antara kadar vitamin D dan risiko perkembangan kanker payudara dan kematian yang menarik," kata Song Yao, Profesor Onkologi di Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, NY. 
 
Studi ini dipublikasikan secara daring pada 10 November mendatang dalam jurnal JAMA Onkologi.


(DEV)