Pentingnya Aktif di Lingkungan Sosial agar Tidak Kesepian

Raka Lestari    •    Minggu, 25 Mar 2018 15:00 WIB
kesehatan mental
Pentingnya Aktif di Lingkungan Sosial agar Tidak Kesepian
(Foto: Metro)

Jakarta: Lingkungan sosial adalah salah satu yang menentukan kesehatan mental Anda. Maka, penting untuk memiliki pasangan, teman, atau keluarga yang bisa mengarahkan Anda pada pikiran yang positif.

Menurut Mental Health Foundation, satu dari enam orang mengalami beberapa bentuk masalah kesehatan mental selama beberapa minggu akibat kesepian.

Dr Steve Iley, yang merupakan direktur medis untuk Bupa, layanan perawatan kesehatan di Inggris menjelaskan pentingnya menjaga kelompok sosial.

"Pertama, penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki kelompok sosial yang baik dapat membantu mengurangi kemungkinan mengalami perasaan sedih, kesepian, atau rendah diri," ujarnya seperti dilansir Women's Health.

"Hubungan kita dengan teman dan keluarga dapat memainkan peran besar dalam kesehatan mental, terutama ketika mengelola masalah kesehatan mental seperti stres, depresi atau kecemasan," katanya.

Colette Reilly, professional life coach dari Glasgow mengatakan kesepian berdampak di otak, itulah mengapa penting untuk memiliki kelompok atau lingkungan sosial yang beragam. Colette mengatakan "Studi otak telah membuktikan bahwa ketika Anda terisolasi, kesepian muncul sebagai rasa sakit fisik yang sebenarnya, terutama ketika menyangkut depresi dan kecemasan."

Oleh karena itu, Anda harus memiliki lingkaran teman yang beragam dan berbeda-beda, dan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Anggaplah teman-teman dan lingkungan sosial Anda sebagai orang-orang yang dapat membawa Anda keluar dari jalan yang gelap, ujar Colette.

Energi seseorang bisa memiliki dampak yang sangat besar. Jika Anda benar-benar dalam kesedihan dan sebagian besar percakapan bersama teman-teman Anda juga cenderung membicarakan kesedihan, maka Anda pun akan merasa bertambah murung atau merasa bertambah sedih.

Meskipun memiliki teman dengan masalah yang sama dapat membantu, mereka juga bisa menjadi sumber energi negatif, yang dalam beberapa kasus justru malah dapat memperburuk kondisi Anda.


(DEV)