Olahraga Efektif Tingkatkan Ingatan Jangka Panjang

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 15 Nov 2017 19:19 WIB
studi kesehatan
Olahraga Efektif Tingkatkan Ingatan Jangka Panjang
Olahraga efektif meningkatkan memori jangka panjang (Foto: Livestrong)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan ingatan  jangka panjang, misalnya mengingat nomor telepon.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Neuroimage tersebut menyebutkan bahwa olahraga aerobik membantu meningkatkan ukuran otak yang berpengaruh pada fungsi ingatan dan kesehatan otak.

Kesehatan otak akan menurun seiring bertambahnya usia, rata-rata lima persen setelah usia 40 tahun.

Olahraga aerobik membantu bagian otak tertentu yang bernama hippocampus, yang berpengaruh pada memori dan fungsi otak. Olahraga juga membantu mencegah gangguan neurodegeneratif terkait penuaan seperti Alzheimer dan demensia.

"Ketika olahraga, Anda memproduksi sebuah kimia bernama faktor neurotropik yang berasal dari otak, yang dapat membantu mencegah penurunan akibat penuaan dengan cara mengurangi penurunan otak,"ujar Joseph Firth, peneliti dari Western Sydney University di Australia.

Para peneliti meninjau 14 percobaan klinis dengan meneliti gambar otak dari 737 orang sebelum dan sesudah berolahraga.

Para pastisipan yang berusia antara 24-76 tahun terdiri dari orang dewasa sehat, orang dengan kerusakan kognitif ringan seperti Alzheimer, dan orang dengan diagnosis klinis gangguan mental seperti depresi dan skizofrenia.

Para peneliti memeriksa efek dari olahraga aerobik seperti sepeda statis, berjalan, dan berlari di treadmill. Durasi percobaan antara tiga hingga 24 minggu dengan rata-rata 2-5 sesi per minggu.

Hasilnya, meskipun olahraga tak berpengaruh pasa ukuran hippocampus secara keseluruhan, kegiatan tersebut secara signifikan meningkatkan ukuran bagian kiri hippocampus.




(DEV)