Efeknya Terhadap Bayi Jika Ibu Hamil Kekurangan Vitamin B12

Nia Deviyana    •    Selasa, 08 Nov 2016 12:38 WIB
studi kesehatan
Efeknya Terhadap Bayi Jika Ibu Hamil Kekurangan Vitamin B12
(Foto: ndtvimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi terbaru menemukan, ibu yang kekurangan vitamin B12 selama masa kehamilan lebih berisiko melahirkan bayi dengan penyakit diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme.

Penulis senior Dr Ponusammy Saravanan dari University of Warwick Medical School, Inggris menyajikan temuan awal mereka di konferensi tahunan Endokrinologi yang berlangsung di Inggris Raya.

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut air. Kandungan vitamin ini banyak ditemukan pada susu, telur, keju, daging unggas, ikan, dan sereal.

Dijabarkan National Institute of Health, vitamin B12 berperan dalam sejumlah fungsi di dalam tubuh, termasuk dalam pembentukkan sel darah merah, sintesis DNA, serta fungsi neurologis.

Berapa jumlah vitamin B12 yang harus dipenuhi tubuh?

Dianjurkan 2,4 mikrogram untuk usia 14 tahun ke atas. Jumlah yang harus dikonsumsi meningkat menjadi 2,6 mikrogram pada perempuan hamil, dan 2,8 mikrogram untuk perempuan yang sedang menyusui.

Dr Saravanan, dalam penelitian sebelumnya juga menemukan, perempuan hamil yang kekurangan vitamin B12 berpotensi melahirkan bayi dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang tinggi, atau  melahirkan bayi dengan berat rendah, namun memiliki kolesterol tinggi.

Kadar B12 yang rendah pada ibu meningkatkan akumulasi lemak pada janin dan menyebabkan perubahan kimia dalam gen plasenta yang memproduksi leptin. Hal ini menyebabkan bayi mengalami kelebihan leptin sehingga riskan mengalami diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme lainnya.


(DEV)