Tantangan si Kecil Makan Sayuran

Yatin Suleha    •    Selasa, 08 Nov 2016 15:51 WIB
kesehatan anak
Tantangan si Kecil Makan Sayuran
Sebelum makan besar mulai sediakan pilihan sayuran yang mudah dicemil seperti irisan wortel, timun, atau paprika. (Foto: S3.amazonaws)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah kotak makanan yang Anda bawakan selalu utuh sepulang si kecil dari sekolah? Makan malam yang menyisakan sayuran penuh di piring juga jadi pemandangan yang biasa jika si kecil makan bersama keluarga.

Menurut data yang didapati oleh Centers for Disease Control and Prevention Amerika menyebutkan bahwa anak-anak usia 4-8 tahun tidak banyak mencoba makan sayuran berwarna hijau. 

Dari hail studi German Nutrition Society juga disebutkan hampir 20 persen anak-anak usia 6-10 tahun mengalami kegemukan, padahal serat dan kalori rendah yang dihasilkan dari sayuran bisa menjaga berat badan anak.

Sayuran bisa menghindari dan menjaga anak-anak terhindar dari asma, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan beberapa gejala kanker ketika ia dewasa nanti.

(Baca juga: Usia Orangtua Bisa Pengaruhi Kondisi Kesehatan Anak)

Elizabeth Pivonka, PhD, RD, presiden dari Produce for Better Health Foundation di Hockessin, Delware, mengatakan "Jika Anda sebagai orangtuanya membantu anak menyukai sayuran dari sekarang, Anda berinvestasi untuk kesehatan mereka seumur hidup."

Untuk meningkatkan keinginan si kecil makan sayuran, Dr. Brian Wansink yang merupakan profesor dan direktur dari the Cornell University Food and Brand Lab memberikan 3 bulan tantangan makan sayur bagi buah hati Anda:

1. Batasi minuman pemanis
Jika si kecil suka minum soda, lemonade, dan minuman buah, dan untuk makan sayuran juga susah, ajari ia untuk minum air saja.

2. Mulai makan dengan salad dan berbagai sayuran di piring
Sebelum makan besar mulai sediakan pilihan sayuran yang mudah dicemil seperti irisan wortel, timun, atau paprika.

3. Selama satu minggu, sediakan buah dan sayuran saja untuk cemilan
Jauhkan biskuit, atau crackers sebelum makan. Jika Anda berbelanja perbanyak sayuran dan buah, lalu letakkan di dalam lemari es yang terendah yang mudah dijangkau anak.







(TIN)