Lima Penyebab Insomnia pada Bumil

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 19 Jul 2018 14:51 WIB
kehamilan
Lima Penyebab Insomnia pada Bumil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ibu hamil (bumil) rentan mengalami gangguan tidur pada malam hari. Apalagi, jika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. 

Sebuah survey pun menyebutkan bahwa lebih dari 80 persen bumil pernah mengalami gangguan tidur walaupun hanya sesekali.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena perubahan hormon dalam tubuh. Selain itu, sulit tidur pada ibu hamil juga dipengaruhi sejumlah kondisi, seperti dilansir dari Boldsky berikut.

1. Pergerakan bayi

Pada fase terakhir kehamilan, gerakan bayi di dalam rahim terkadang mengganggu tidur. Setiap kali bayi di dalam perut bergerak, Anda mungkin akan terbangun dan sulit tertidur lagi.

2. Kecemasan dan stres 

Kehamilan dapat meningkatkan stres dan kecemasan seseorang. Ditambah lagi ketakutan terhadap persalinan, sehingga membuat bumil akan semakin sulit tidur selama trimester terakhir.

3. Kram

Kram kaki juga menjadi hal yang kerap dialami bumil sejak trimester kedua. Kram kaki pada malam hari dapat mengganggu tidur Anda dan harus terbangun pada tengah malam.

4. Sering buang air kecil

Ibu hamil akan sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Terutama jika kehamilan sudah masuk trimester tiga, di mana janin sudah semakin membesar.

5. Perut semakin membesar

Perut yang semakin membesar membuat bumil kesulitan mendapatkan posisi tidur yang nyenyak dan nyaman. 




(DEV)