Ini Bagian Otak yang Mengatur Intonasi Suara

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 30 Jun 2018 12:47 WIB
studi kesehatan
Ini Bagian Otak yang Mengatur Intonasi Suara
(Foto: NY Daily News)

Jakarta: Dalam berbicara, tak jarang orang menggunakan nada yang berbeda. Para ilmuwan telah mengidentifikasi bagian otak yang mengatur "musik" bicara dan bertanggung jawab untuk mengendalikan nada suara.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa aktivasi neuron di satu area otak, yang disebut korteks motor laryngeal dorsal, berkaitan dengan perubahan cepat, seperti ketika kata-kata yang berbeda ditekankan dalam sebuah kalimat.

Semakin aktif area korteks itu, semakin tinggi nada pembicara pada kata-kata, baik saat berbicara dan ketika subjek menyanyikan melodi sederhana.

"Memahami bagaimana kita berbicara tak sekedar hanya mengetahui dimana fungsi bicara dilokalisasi di otak. Yang lebih penting adalah memahami bagaimana sel-sel otak sebenarnya menyandikan sinyal perintah untuk otot-otot mulut dan tenggorokan yang memungkinkan bicara," kata Edward F. Chang dari University of California, dilansir dari The Health Site.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Cell tersebut menunjukkan bagaimana otak dari beberapa pasien epilepsi (yang mengajukan diri untuk studi ini) melakukan perubahan nada untuk menekankan kata-kata yang berbeda dalam kalimat.

Para peserta diminta membaca kalimat "Saya tidak pernah mengatakan dia mencuri uang saya" beberapa kali, dan peneliti melihat beberapa kali partisipan menekankan kata yang berbeda, yang akhirnya mengubah arti kalimat.

Hal tersebut memungkinkan para peneliti untuk melihat perbedaan dalam aktivitas otak karena bagaimana para peserta menekankan kata-kata yang berbeda dalam kalimat dengan mengubah nada, tanpa mengubah kata-kata yang diucapkan.

Selanjutnya, ketika peserta menjalani pemetaan otak dalam persiapan untuk bedah saraf, para peneliti secara elektrik menstimulasi neuron di korteks motor laring dorsal.

Mereka menemukan bahwa merangsang neuron-neuron itu tidak hanya menyebabkan otot-otot laring meregang, tetapi juga menyebabkan beberapa peserta melakukan vokalisasi secara spontan. Laring adalah kotak suara yang terlibat dalam memproduksi suara, otot untuk melenturkan.

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa korteks motor laryngeal dorsal juga merespons ketika peserta diam-diam mendengarkan pidato mereka sendiri diputar ulang.






(DEV)