Mengapa Kaki Bayi Terkadang Berbau Tidak Sedap?

Raka Lestari    •    Jumat, 13 Jul 2018 12:45 WIB
perkembangan anak
Mengapa Kaki Bayi Terkadang Berbau Tidak Sedap?
Kebiasaan para orang tua yang memberikan kaus kaki secara berlapis-lapis dapat memicu juga bau tidak sedap pada kaki bayi. (Foto: Luma Pimentel/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak hanya orang dewasa, kaki bayi juga terkadang bisa memiliki bau yang sedikit tidak sedap dan mungkin bisa sedikit mengganggu. Kaki bayi berbau seperti cuka karena bayi dan anak-anak lebih berkeringat daripada orang dewasa, menurut Dr Cindy Gellner. 

"Kaki anak-anak lebih sering berkeringat daripada kaki orang dewasa. Jumlah keringat yang lebih banyak menunjukkan adanya peningkatan bakteri yang tentunya dapat meningkatkan bau."

Gellner menyarankan agar para orang tua menjaga kaki bayi agar tetap kering sebisa mungkin agar kaki bayi tidak berbau. "Pastikan anak-anak Anda memiliki kaki yang bersih, gantilah kaus kaki mereka ketika mereka berkeringat, dan sebisa mungkin gunakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik."

(Baca juga: Penyebab Kulit Kaki Bayi Mengelupas)

Dan kebiasaan para orang tua yang memberikan kaus kaki secara berlapis-lapis dapat memicu juga bau tidak sedap pada kaki bayi dan anak-anak. 


(Tidak hanya orang dewasa, kaki bayi juga terkadang bisa memiliki bau yang sedikit tidak sedap dan mungkin bisa sedikit mengganggu. Kaki bayi berbau seperti cuka karena bayi dan anak-anak lebih berkeringat daripada orang dewasa, menurut Dr Cindy Gellner. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Hal itu biasanya dilakukan agar anak-anak atau bayi tidak merasa kedinginan, padahal jika memakai terlalu banyak kaus kaki saat tidak diperlukan justru dapat menyebabkan bau kaki. 

David Geller mengatakan kepada Baby Centre, "Karena kaki terlalu sering dibungkus oleh kaus kaki dan sedikit 'bernapas' maka bayi dan anak-anak cenderung memiliki bau kaki yang tidak sedap."

Jika bayi Anda memiliki bau kaki yang tidak sedap, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, biarkan kaki bayi Anda terkena udara sesering mungkin. Selain itu, Dr Geller juga merekomendasikan agar membiarkan bayi Anda bertelanjang kaki dan pastikan untuk menggunakan kaus kaki yang kering dan bersih. "Basuk kakinya setiap hari untuk menghilangkan kotoran dan mempercepat pergantian kulit."





(TIN)