Penelitian: Bertengkar Memperburuk Kondisi Penderita Diabetes Tipe 2 dan Arthritis

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 23 Jul 2018 16:53 WIB
penelitian
Penelitian: Bertengkar Memperburuk Kondisi Penderita Diabetes Tipe 2 dan Arthritis
Hubungan harmonis dapat menjadi salah satu cara meningkatan kesehatan pasien. (Foto: Claudia Soraya/Unsplash.com)

Jakarta: Pertengkaran merupakan hal biasa dalam sebuah hubungan. Namun, efek dari sebuah pertengkaran tidak hanya merusak mood tapi juga kesehatan.

Dikutip dari Askdrmanny, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University disebutkan, pertengkaran yang dialami oleh pasangan yang sudah menikah dapat berhubungan dengan arthritis dan diabetes.

Dalam penelitiannya seperti dilansir dari laman yang sama, peneliti memelajari dua kelompok terpisah, yaitu penderita osteoarthritis di lutut dan diabetes tipe 2. Kelompok arthritis terdiri dari 145 pasien. Sementara kelompok diabetes berjumlah 129 pasien.

(Baca juga: 5 Tanda Anda Berpotensi Terkena Arthritis)


(Dikutip dari Askdrmanny, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University disebutkan, pertengkaran yang dialami oleh pasangan yang sudah menikah dapat berhubungan dengan arthritis dan diabetes. Foto: Adi Goldstein/Unsplash.com)

Kemudian, para peneliti meminta pasien mencatat rincian tentang rasa sakit dan perasaan mereka terhadap orang-orang penting mereka dalam jurnal harian. Mereka terus melakukannya selama lebih dari 3 minggu.

Meskipun kedua kelompok memiliki kondisi kronis yang sangat berbeda, namun peneliti melihat satu kesamaan, yaitu peningkatan rasa sakit saat bertengkar dengan pasangan mereka. Efek buruk bahkan dirasakan oleh penderita arthritis karena suasana hati yang negatif mengakibatkan rasa sakit yang buruk.

Lynn Martire, rekan penulis studi dan profesor di Penn State Centre for Healthy Aging, mengatakan bahwa temuan ini menunjukkan perlunya melihat kondisi hubungan dengan pasangan. Menurutnya, hubungan harmonis dapat menjadi salah satu cara meningkatan kesehatan pasien.




(TIN)