Lima Aktivitas yang Sebaiknya Dihindari Bumil

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 20 Jul 2018 15:50 WIB
kehamilan
Lima Aktivitas yang Sebaiknya Dihindari Bumil
Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang sebaiknya tak dilakukan selama masa kehamilan. (Foto: Ryan Franco/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi sebagian wanita, kehamilan bukanlah penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun tak ada salahnya juga Anda menghindari beberapa hal yang berisiko terhadap kandungan. 

Diantaranya berhenti mengonsumsi alkohol, kafein juga berhenti merokok. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan yang sebaiknya tak dilakukan selama masa kehamilan, seperti di bawah ini.

1. Berendam air panas (jacuzzi)
Berendam dalam air panas memang terdengar menarik untuk membuat tubuh rileks saat hamil. Namun dilansir dari Boldsky, sebaiknya hindari aktivitas ini sebab di dalam kolam Anda akan bercampur dengan banyak orang dan belum tentu higienis. 

Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi yang dapat merusak pertumbuhan serta kesehatan bayi. Sebagai gantinya, Anda bisa mandi dengan air suam-suam kuku.

(Baca juga: Pentingnya USG Sebelum Usia Kehamilan 13 Minggu)


(Mungkin Anda gemar olahraga lari sebelum hamil. Tapi ketika hamil, Anda tak disarankan untuk melakukannya terutama pada trimester dua dan tiga. Foto: Bich Ngoc Le/Unsplash.com)

2. Mengangkat beban berat
Pastikan Anda tidak mengangkat beban berat selama kehamilan. Hal ini akan meninmbulkan rasa tidak nyaman dan menyebabkan sakit serta cedera pada otot-otot tertentu yang berhubungan dengan kehamilan.

3. Pose yoga yang sulit
Yoga merupakan salah satu olahraga menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Selain itu, yoga juga bisa menenangkan dan menghilangkan stres juga ketegangan selama kehamilan. Namun saat hamil, Anda tak perlu melakukan gerakan yoga yang sulit seperti meliukkan tubuh, stretching dan twisting. Gerakan tersebut tak disarankan untuk ibu hamil.

4. Berlari
Mungkin Anda gemar olahraga lari sebelum hamil. Tapi ketika hamil, Anda tak disarankan untuk melakukannya terutama pada trimester dua dan tiga. Berlari membutuhkan banyak keseimbangan yang mungkin akan berkurang saat hamil. Sehingga Anda rentan jatuh dan terluka, Anda juga perlu memastikan agar tubuh selalu terhidrasi.

5. Mendaki di medan yang sulit
Aktivitas ini sebaiknya tak dilakukan karena akan menyulitkan tubuh Anda. Sebab Anda akan berisiko menjadi pusing, kehilangan keseimbangan atau jatuh. Selain itu jika Anda mengalami cedera atau bersalin di medan yang tak dikenal, menyulitkan untuk mendapat bantuan tepat waktu.





(TIN)