pekan asi sedunia 2018

Sempat Alami Engorgement, Andien Tetap Gigih Berikan ASI pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 06 Aug 2018 14:59 WIB
pekan asi sedunia 2018
Sempat Alami Engorgement, Andien Tetap Gigih Berikan ASI pada Anak
Penyanyi Andien Aisyah mengaku bahwa dirinya sempat mengalami masalah dalam memberikan ASI pada sang buah hati Anaku Aksara Biru. (Foto: Dok. Instagram Andien Aisyah/@andienaisyah)

Jakarta: Penyanyi Andien Aisyah mengaku bahwa dirinya sempat mengalami masalah dalam memberikan ASI pada sang buah hati Anaku Aksara Biru. 

Pelantun Gemintang (2005) tersebut sempat mengalami pengerasan payudara hingga merasa kesakitan dan demam, yang biasa dikenal dengan engorgement. Saat itu, Kawa, panggilan untuk si kecil, tengah berusia 3 bulan. 

(Baca juga: Memberikan ASI untuk Fondasi Kehidupan)

"Keesokan paginya saya langsung menghubungi konsultan laktasi. Ternyata, yang bisa menyembuhkan ya Kawa sendiri (dengan tetap menyusui), ujarnya dalam temu media di Bumi Playscape, Kamis 2 Agustus 2018 lalu. 

Menurut konsultan kepercayaannya, Kawa harus tetap diberikan ASI seperti biasa supaya engorgement bisa hilang sendiri.

Bahkan, Andien kembali mengalami gangguan tersebut sebulan yang lalu, tetapi ia sudah tidak sepanik ketika mengalami pertama kali. 

Selain engorgement, Andien mengaku tak mengalami masalah dalam menyusui Kawa. Hingga saat ini, ia selalu menyusui buah hatinya dengan Irfan Wahyudi secara langsung. Inilah mengapa ia kerap kali ditemani si kecil saat sedang berada di luar. 




(TIN)