Cara Memandikan Bayi yang Belum Lepas Tali Pusarnya

Raka Lestari    •    Kamis, 26 Jul 2018 17:37 WIB
tumbuh kembang bayi
Cara Memandikan Bayi yang Belum Lepas Tali Pusarnya
(Foto: Youtube)

Jakarta: Memandikan bayi yang baru lahir tidak bisa sembarangan. Apalagi, jika tali pusar bayi masih melekat. 

Tali pusar bayi biasanya akan lepas dengan sendirinya beberapa minggu setelah lahir. Dan ketika tali pusar bayi belum terlepas sepenuhnya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati agar tidak sampai melukai pusar mereka atau bahkan bisa menyebabkan infeksi jika tidak diperhatikan dengan seksama. 

Setelah tali pusar yang tersisa lepas seutuhnya, mungkin Anda sangat tergoda untuk menggosok-gosok bagian pusar mereka agar kotoran pada bagian tersebut hilang sepenuhnya. Padahal, sebenarnya hal itu tidak boleh dilakukan. Para dokter anak dan perawat di The University Hospital dan Rainbow Babies Children's Centre di Cleveland, Ohio memperingatkan agar hal itu tidak dilakukan sampai pusar bayi yang baru benar-benar sembuh.

Dikatakan sembuh atau aman adalah ketika pusar mereka sudah tidak lagi kemerahan, bengkak, atau memiliki bekas luka seperti koreng. Jika masih ada tanda-tanda seperti itu, sebaiknya hanya dimandikan dengan menggunakan spons atau lap basah dan pembersihan secara lembut. Para dokter juga mengatakan bahwa sangat penting untuk menjaga area tersebut tetap kering, karena area pusar yang lembab membuat penyembuhan menjadi lebih lama. 

Menurut UK Midwife, Nikki Khan, lepasnya sisa tali pusar secara keseluruhan pada bayi tidak menyebabkan rasa sakit. 

Namun, memang Anda perlu berhati-hati terhadap infeksi sampai sekitar tujuh hingga 10 hari. Setelah melewati 10 hari, Anda sudah bisa memandikan bayi Anda secara keseluruhan.

Tetapi perlu diingat jika bekas luka akibat lepasnya tali pusar bayi terjadi hingga berminggu-minggu pada bayi, Anda perlu segera mengeceknya ke dokter agar bisa segera diketahui penyebabnya. 




(DEV)