Tips Nyaman Memakai Sandal Jepit

Raka Lestari    •    Selasa, 19 Jun 2018 17:40 WIB
tips kesehatan
Tips Nyaman Memakai Sandal Jepit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sandal jepit seringkali menjadi pilihan saat traveling karena nyaman. Namun, bukan berarti menggunakan sandal jepit tidak memiliki risiko.  

Menurut Consumer Product Safety Commission pada 2016, sebanyak 27 ribu kasus di ruang gawat darurat terjadi karena cedera terkait pemakaian sandal jepit.

"Mengenakan sandal jepit lebih baik daripada tidak menggunakan alas kaki sama sekali karena sandal memberikan perlindungan untuk bagian bawah kaki Anda, tetapi hanya itu saja," ujar Dr Christina S. Long, ahli penyakit dan bedah kaki di Wake Forest Baptist Medical Center, dilansir dari Today

"Sandal jepit tidak memiliki lengkungan untuk melindungi tumit atau apapun, sehingga Anda harus mencengkeramnya dengan jari-jari kaki agar tetap stabil. Memakainya terlalu lama untuk kegiatan yang salah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan pula," katanya. 

Para ahli penyakit kaki mengatakan bahwa sandal jepit dapat menyebabkan lecet, bakteri, infeksi virus, postur tubuh yang buruk, dan beberapa masalah lainnya. 

Pada sebuah penelitian tahun 2008, para peneliti di Universitas Auburn menemukan bahwa sandal jepit dapat mengubah cara pemakainya berjalan, bahkan secara permanen. Perubahan itu tentu berimbas kerusakan pada bagian tubuh lainnya.

Apakah artinya Anda tidak boleh memakai sandal jepit sama sekali? Tentu tidak. Anda masih boleh memakainya, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan menyetir menggunakan sandal jepit

Memakainya saat menyetir merupakan ide yang buruk. Sama seperti sepatu yang tidak ada penyangganya, ada kemungkinan bahwa sandal jepit Anda akan tergelincir dan terjebak di bawah rem atau pedal gas. Ketika mengemudi, sebaiknya gunakan sepatu yang kuat dan aman. 

2. Gunakan sesuai aktivitas

Sandal jepit baik digunakan untuk kegiatan yang bersifat santai dan tidak terlalu lama pemakaiannya, terutama jika memiliki bantalan yang empuk. Sandal jepit cocok dipakai di pantai, di sekitar kolam renang, di kamar mandi, berjalan di loker gym, atau ke toko. Jangan memakainya untuk berlari, mendaki, berjalan jauh, berdiri untuk waktu yang lama atau berolahraga.




(DEV)