6 Makanan Pemicu Sindrom Iritasi Usus Besar

Torie Natalova    •    Sabtu, 05 May 2018 18:15 WIB
kesehatanmakanan berbahaya
6 Makanan Pemicu Sindrom Iritasi Usus Besar
6 Makanan Pemicu Sindrom Iritasi Usus Besar (Foto: istock)

Jakarta: Perut yang tidak nyaman seperti kram, kembung dan sering buang air besar atau sembelit, bisa jadi tanda Anda mengalami sindrom iritasi usus besar. Ini adalah kondisi kronis yang mempengaruhi usus besar.

Sindrom iritasi usus ini berbeda-beda pada setiap orang. Makanan yang bisa membuat Anda kesakitan, belum tentu sama dirasakan oleh orang lain. Mengubah pola makan bisa jadi lini pertahanan pertama dari penyakit ini.

Berikut ini adalah deretan makanan yang dapat memicu sindrom iritasi usus besar.

1. Roti, pasta dan sereal
Orang dengan sindrom iritasi usus besar mungkin mengalami diare, sembelit, kembung dan masalah perut lainnya setelah makan gluten yakni protein yang ditemukan dalam gandum, barley dan rye.

2. Bawang bombai dan putih
Kedua jenis bawang ini adalah bagian dari kelompok karbohidrat yang sulit dicerna. Tubuh akan mengalami kesulitan mengurai senyawa dalam bawang. Karbohidrat ini akan berakhir di usus besar Anda, dimana bakteri dapat secara alami memfermentasi mereka.

3. Kacang-kacangan
Kacang merah, lentil dan buncis bisa jadi sumber protein nabati yang sehat untuk jantung. Tapi, mereka mengandung galacto-olisakarida yakni karbohidrat yang sulit membuat jalan mereka melalui sistem pencernaan sehingga berhenti di usus besar.

4. Susu, keju dan es krim
Produk susu bisa jadi masalah jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar karena banyaknya laktosa di dalam olahannya. Mereka yang memiliki penyakit ini hanya sensitif terhadap produk susu, bukan gula. Pilih keju keras seperti parmesan dan cheddar.

5. Buah dan sayuran
Sayuran seperti brokoli, kubis brusel, jamur serta buah seperti mangga, ceri, apel, pir, bisa menjadi masalah untuk usus besar Anda karena mengandung senyawa yang tidak cocok dengan perut Anda.

6. Kopi dan alkohol
Makanan dan minuman yang mengandung kafein menstimulasi gerakan di dalam usus besar. Kopi adalah salah satu makanan pemicu yang paling sering dialami penderita sindrom iritasi usus besar. Begitu pula dengan alkohol yang dapat merusak lapisan saluran pencernaan sehingga dapat mengganggu pergerakan usus.

 


(ELG)