Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya

Desi Angriani    •    Senin, 01 Oct 2018 09:44 WIB
kalbe nutritionals
Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Tubuh manusia dewasa memerlukan asupan kalsium sebanyak 800-1.000 mg per hari. Angka kebutuhan ini kian meningkat pada periode kehamilan dan menyusui.

Meski kalsium mudah diperoleh dari sumber makanan alami seperti sayuran, yoghurt, kacang, dan keju, sebagian besar orang masih mengalami kekurangan kalsium. Sebuah penelitian yang dilakukan di India menunjukkan, kelompok usia 14-20 tahun menderita kekurangan kalsium.

Tubuh yang kekurangan kalsium akan memberikan sinyal. Cari tahu apakah Anda pernah mengalami salah satu dari enam gejala kekurangan kalsium, berikut ini.

1. Kram Otot

Dikutip Thehealthsite, gejala yang paling umum dari kekurangan kalsium adalah kram dan nyeri otot. Biasanya kram otot akan diikuti nyeri otot, terutama pada paha dan betis. Ini merupakan indikasi awal rendahnya kadar kalsium. Jika mengalami kram otot dan nyeri terlalu sering, sebaiknya Anda ke dokter untuk memeriksakan tingkat kalsium. 

2. Tulang Rapuh

Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium akan membuat kuku Anda rentan patah. Dalam jangka panjang, gejala ini akan berdampak pada pengeroposan tulang, bahkan rentan patah tulang.

3. Gigi Lemah

Kekurangan kalsium juga dapat dilihat tandanya pada gigi.  Mengapa demikian? Sebab, 99 persen kalsium yang ada di tubuh disimpan pada tulang dan gigi. Jika kadar kalsium turun, Anda akan rentan menderita sakit gigi dan pembusukan geraham.

4. Sering Sakit

Kalsium juga memainkan peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Inilah sebabnya mengapa orang yang kekurangan kalsium lebih mudah masuk angin, mengalami infeksi usus, dan saluran pernapasan. Tanda ini perlu diwaspadai sebagai gejala kekurangan kalsium.

5. Rasa Kram Berlebihan saat Menstruasi

Rasa sakit selama menstruasi merupakan gejala umum yang dihadapi sebagian perempuan. Namun, rasa kram yang berlebihan biasanya dirasakan oleh mereka yang kekurangan kalsium. Selain kram pra-menstruasi, kekurangan kalsium juga terkait dengan siklus menstruasi tidak teratur dan pendarahan yang berlebihan.

6. Kelelahan dan Insomnia

Kadar kalsium yang rendah juga ditandai dengan gejala insomnia dan kelelahan sepanjang waktu. Anda mungkin terlihat pucat dan merasa lelah, atau malas sepanjang waktu. Kelelahan juga merupakan gejala umum pada perempuan yang mengalami kekurangan kalsium setelah melahirkan. 

Jika Anda mengalami gejala tersebut di atas, coba atasi kekurangan kalsium dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium. Misalnya, susu tanpa lemak, aneka produk olahan susu, sayuran berdaun hijau gelap,  sereal,  buah jeruk, dan produk kedelai.

Penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi Xonce Drink yang mengandung vitamin D dan kalsium. Suplemen dengan rasa jeruk ini akan membantu Anda memperoleh 80 persen kebutuhan kalsium harian.

Xonce Drink mengandung kalsium 305 g, vitamin D 400 IU, dan vitamin C 90 mg. Vitamin C dan D yang terdapat di dalamnya akan membantu menyerap kalsium lebih baik. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, minum dua kali sehari. Tak perlu ragu meminumnya karena Xonce Drink bebas bahan pengawet dan mengandung pemanis alami dari sari tebu.


(ROS)