Cara Mudah Melupakan Mantan Pasangan

Raka Lestari    •    Selasa, 26 Jun 2018 17:25 WIB
romansapsikologi
Cara Mudah Melupakan Mantan Pasangan
Menurut pakar hubungan Ammada Major, ada empat langkah yang akan membantu Anda melupakan seseorang. (Foto: Verne Ho/Unsplash.com)

Jakarta: Mengakhiri suatu hubungan bukanlah hal yang mudah dilakukan terutama jika Anda masih memiliki perasaan cinta terhadap mantan pasangan Anda tersebut.

Tetapi jangan sampai perasaan patah hati Anda tersebut membuat seakan-akan hal itu merupakan akhir dari dunia Anda. Dan selain itu, rasa patah hati Anda tersebut tidaklah bertahan lama karena akan ada waktunya Anda jatuh cinta lagi kepada orang yang baru.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, dibutuhkan 11 minggu untuk merasa lebih baik setelah hubungan berakhir. Tetapi sebuah penelitian terpisah menemukan bahwa dibutuhkan waktu lebih 18 bulan untuk sembuh dari perceraian.

Menurut pakar hubungan Ammada Major, ada empat langkah yang akan membantu Anda melupakan seseorang.

(Baca juga: Jangan Patah Hati, Putus Cinta Ternyata Ada Manfaatnya)


(Mengakhiri suatu hubungan bukanlah hal yang mudah dilakukan terutama jika Anda masih memiliki perasaan cinta terhadap mantan pasangan Anda tersebut. Foto: Courtesy of iStock)

1. Luangkan waktu untuk merasakan kesedihan Anda
Bagi sebagian orang, kehilangan seseorang yang dicintai bisa membuat kehilangan semangat dan sangat menyakitkan. Tetapi penting bagi Anda untuk menerima kenyataan ini dan menghadapinya sebelum Anda melanjutkan kehidupan Anda.

Meskipun salah satu cara yang dianggap bisa membuat Anda melupakan mereka adalah dengan menyibukkan diri, kenyataannya adalah berakhirnya sebuah hubungan perlu melewati masa-masa kesedihan sampai akhirnya kita bisa melupakannya.

2. Terhubung kembali dengan diri Anda sendiri
Dengan berakhirnya hubungan Anda dengan pasangan, bisa membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri seperti mengerjakan hobi baru atau melakukan kegiatan-kegiatan baru yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan. Fokus dalam merawat diri sendiri juga diperlukan pada masa-masa ini.

3. Jangan takut untuk meminta bantuan
Jangan takut untuk meminta bantuan entah itu dari teman-teman Anda atau jika Anda memerlukannya dari profesional. Dengan menceritakan apa yang Anda rasakan kepada orang lain, setidaknya bisa mengurangi sedikit beban yang Anda rasakan. Dan jangan lupa untuk tetap terbuka terhadap saran-saran yang mereka berikan.

4. Waktu akan menyembuhkan luka Anda
Anda mungkin tidak menyadarinya ketika baru saja mengalami hubungan yang berakhir dengan pasangan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka Anda pun bisa sedikit demi sedikit melupakan pengalaman yang Anda lalui bersama dengan mantan pasangan Anda tersebut dan bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah Anda alami.




(TIN)