Usia Berapakah Wanita Merasa Paling Bangga pada Tubuh?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Aug 2017 09:30 WIB
psikologi
Usia Berapakah Wanita Merasa Paling Bangga pada Tubuh?
Wanita Inggris mengungkapkan hanya sedkit dari mereka yang bahagia dengan penampilan mereka, dimana 20 persen diantaranya memang menyukai tubuh mereka. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berpikir bahwa bentuk tubuh paling ideal yang kebanyakan dibanggakan orang adalah saat masih muda. Hal ini dikarenakan belum ada garis halus, kulit kendur, dan muncul gelambir kulit.

Namun, sebuah studi menemukan bahwa kepercayaan pada tubuh memuncak pada akhir 60 tahun. 

Sebuah merek fesyen M&Co menanyakan 1.300 wanita berusia 18-80 tahun tentang bagaimana perasaan mereka menggunakan pakaian renang, dan menemukan bahwa mereka yang berusia antara 65-74 tahun adalah yang paling percaya diri dengan persentase enam dari 10 orang. 



Dari generasi ke generasi, sekitar lima dari 10 atau setengahnya, menunjukkan bahwa menggunakan pakaian renang tak membuat partisipan memandang diri mereka positif, bahkan malu. 

Namun, tidak demikian bagi lansia. Sekitar 51 persen partisipan berusia 65-74 tahun mengungkapkan bahwa mereka memiliki hal penting lain yang perlu dikhawatirkan dibandingkan tubuh berbikini impian. 

Tahun lalu, studi global yang dilakukan oleh Dove menemukan bahwa kepercayaan diri pada tubuh wanita berada pada titik terendah sepanjang waktu dan telah mencapai "tingkat kritis."

(Baca juga: Hot Yoga Bantu Jaga Kesehatan Mental)

Sementara wanita Inggris mengungkapkan hanya sedkit dari mereka yang bahagia dengan penampilan mereka, dimana 20 persen diantaranya memang menyukai tubuh mereka. 

Sebuah studi tahun 2014 juga menyimpulkan bahwa kurangnya kepercayaan diri pada tubuh wanita cenderung membuat mereka berhenti berolahraga, mengikuti wawancara kerja, dan memiliki hubungan yang bermakna. 



Namun, pergerakan positif mulai berkembang seiring berjalannya waktu, terutama dengan munculnya para inspirator dari dunia maya seperti Megan Crabbe (bodyposipanda), Milly Smith (selfloveclubb) dan Kenzie Brenna (omgkenzieee).

Pendapat masyarakat terkadang bisa menyulitkan, namun tiap individu hanya memiliki satu tubuh dan satu kehidupan, jadi sebaiknya Anda berusaha sekuat tenaga untuk mencintai kulit yang Anda miliki. 

Tak perlu cemas dengan ketakutan di saat muda karena kemungkinan besar pandangan negatif pada tubuh Anda akan menghilang seiring bertambahnya usia. 











(TIN)