4 Langkah Mengatasi Sariawan dengan Cara Alami

Torie Natalova    •    Sabtu, 16 Sep 2017 16:20 WIB
kesehatan gigi dan mulut
4 Langkah Mengatasi Sariawan dengan Cara Alami
4 Langkah Mengatasi Sariawan dengan Cara Alami (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat mengalami sariawan, rasa perih yang muncul di bagian mulut akan mengganggu aktivitas makan dan minum Anda. Rasa perih yang tak tertahankan akan membuat Anda tak menikmati makanan.

Sariawan yang sering datang tiba-tiba sebenarnya adalah sebuah luka terbuka yang terbentuk di jaringan lunak dalam mulut. Biasanya sariawan akan muncul di bagian bibir dan pipi bagian dalam, gusi dan lidah.

Sariawan biasanya dipicu karena gigitan kecil yang melukai dinding dalam pipi atau iritasi dalam mulut, kekurangan gizi atau karena alergi makanan. Sariawan biasanya lebih sering dialami wanita dibanding pria.

Untuk mengobati sariawan, Anda bisa menggunakan obat-obatan kimia yang sudah banyak dijual di toko obat. Tetapi, jika ingin mencoba mengobati sariawan secara alami, cobalah beberapa cara berikut ini.


1. Berkumur dengan air garam
Ini salah satu metode yang sering dianjurkan dokter gigi. Garam membersihkan dan mengeringkan luka untuk kemudian membantu menyembuhkannya. Ini juga bisa menghentikan rasa sakit sementara. Namun, berkumur air garam bisa terasa sangat menyakitkan di awal sebelum akhirnya mati rasa. Campur satu sendok teh garam dalam segelas kecil air.

2. Kumur dengan baking soda
Selain dengan garam, cobalah berkumur dengan baking soda. Baking soda adalah alkali sehingga membantu menetralkan asam di mulut yang teriritasi, sembari membersihkan dan meredakan rasa sakit di saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat, kemudian kumur beberapa kali selama beberapa menit.

3. Hindari makanan asam dan manis
Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lama yang menyebabkan sensasi terbakar dan memperlambat proses penyembuhan. Perlu diketahui bahwa bakteri dalam mulut Anda mengubah gula menjadi asam. Inilah penyebab utama kerusakan pada gigi dan bisa memperlambat kesembuhan sariawan.

4. Ganti pasta gigi Anda
Pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau yang biasa membuat busa pada produk pasta gigi dan obat kumur, dapat memicu sariawan. Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang bebas SLS atau lebih sedikit busa saat memakainya.



 


(ELG)