7 Tips Bepergian untuk Penderita Diabetes

Torie Natalova    •    Kamis, 08 Jun 2017 13:13 WIB
diabetes
7 Tips Bepergian untuk Penderita Diabetes
Jika gula darah Anda turun karena perubahan jadwal, diare atau kelelahan di perjalanan, Anda harus menyesuaikan obat yang dibawa dengan kondisi tersebut. (Foto: Rodawells)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melakukan perjalanan jarak jauh atau travelling dapat memicu stres, terutama saat mendapati keberangkatan pesawat Anda ditunda karena dapat mengacaukan rencana perjalanan Anda.

Stres saat bepergian, menunggu di bandara, tidak makan dalam waktu lama, ini dapat merugikan penderita diabetes pada khususnya. Karena, stres dapat menaikkan gula darah, tekanan darah dan berat badan. Selain itu, jadwal makan yang kacau dan pola tidur yang berubah dapat mengacaukan pengendalian diabetes.

Kadar gula darah tinggi dan rendah bisa berbahaya. Karenanya sangat penting untuk memantau diri saat liburan. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan diabetes saat berpergian.

(Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan Penderita Diabetes Selama Berpuasa)



1. Tidur yang cukup
Perjalanan bisnis seringkali merugikan pengendalian diabetes. Ketika kurang tidur dan lelah, otak hanya menggunakan glukosa untuk energi, tidak memakai protein atau lemak. Untuk meningkatkan tidur yang nyenyak, jangan minum kafein setelah siang hari atau mandi air hangat sebelum istirahat.



2. Hindari tidur terlalu lama
Saat berlibur, Anda mungkin tergoda untuk tidur lebih lama dari biasanya. Sebuah penelitian di Universitas Yale menemukan bahwa mereka yang tidur lebih dari 8 jam berisiko meningkatkan risiko diabetes tiga kali lipat.



3. Bawa bekal untuk di pesawat

Penerbangan yang panjang memaksa Anda untuk pergi lama tanpa makan yang komplit. Anda bisa membungkus beberapa makanan ringan yang sehat untuk dibawa selama perjalanan Anda.



4. Hindari makanan di pesawat
Kebanyakan makanan yang disajikan di pesawat memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan dapat meningkatkan gula darah Anda. Sebaiknya Anda menghindari makanan pesawat ini dan membeli yogurt atau buah untuk Anda konsumsi di atas pesawat.



5. Buat bandara seperti lokasi fitness
Jika pesawat Anda tertunda, jangan buang waktu hanya duduk diam dan stres. Pertimbangkan waktu untuk olahraga. Anda bisa menggunakan area bandara yang luas untuk berjalan. Berjalan membantu mengurangi gula darah yang berangsur naik seiring dengan tingkat stres Anda.



6. Tetap terhidrasi
Pastikan tubuh untuk tetap terhidrasi dengan cairan selama perjalanan Anda. Bawa air kemasan dalam jumlah yang cukup dan hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein.



7. Bawa pengukur diabetes Anda

Jika gula darah Anda turun karena perubahan jadwal, diare atau kelelahan di perjalanan, Anda harus menyesuaikan obat yang dibawa dengan kondisi tersebut. 

Pastikan Anda membawa meteran atau pengukur gula darah kemanapun Anda pergi sehingga dapat membantu Anda memutuskan makanan dan pengobatan yang tepat saat bepergian.








(TIN)