Tidur Siang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan

Torie Natalova    •    Kamis, 18 May 2017 07:05 WIB
tidur
Tidur Siang Dapat Meningkatkan Kebahagiaan
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tidur siang kurang dari 30 menit membuat Anda lebih fokus, produktif dan kreatif. (Foto: ONE HealthCare Worldwide News)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang menyepelekan waktu untuk tidur siang. Sepertiga lebih dari orang dewasa tidak cukup tidur siang karena aktivitas yang mereka lakukan di siang hari.

Tidur siang sebenarnya dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan secara keseluruhan. Kini, sebuah studi terbaru telah mengungkapkan bahwa tidur siang memiliki manfaat lain yakni membuat Anda bahagia.

Para ilmuwan di Universitas Hertfordshire meminta lebih dari 1000 orang untuk menilai kebahagiaan mereka dan apakah mereka tidur siang sepanjang hari. 



(Baca juga: Tidur Siang 45 Menit Tingkatkan Daya Ingat hingga 5 Kali)

Hasilnya, sekitar 67 persen dari tidur siang singkat dilaporkan lebih bahagian dibandingkan mereka yang tidur lama dan tidak tidur.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tidur siang kurang dari 30 menit membuat Anda lebih fokus, produktif dan kreatif. Temuan baru ini menunjukkan kemungkinan bahwa Anda juga bisa lebih bahagia dengan tidur siang.

Hasil penelitian ini menambah bukti yang menunjukkan bahwa tidur siang singkat lebih bermanfaat untuk fungsi kesehatan keseluruhan dibanding periode tidur yang lebih lama. 



NASA sebelumnya menemukan bahwa tidur siang selama 26 menit meningkatkan kewaspadaan seseorang sebesar 54 persen, sedangkan tidur siang selama beberapa jam dapat berkaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 82 persen.

Sejumlah besar penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang meski hanya sesaat dapat meningkatkan kinerja para pegawai. Karenanya, banyak perusahaan yang sukses seperti Ben & Jerry's dan Google menyediakan ruang khusus untuk tidur siang.







(TIN)