Latihan untuk Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Torie Natalova    •    Selasa, 11 Jul 2017 11:21 WIB
tidur
Latihan untuk Hentikan Kebiasaan Mendengkur
Melakukan latihan atau olahraga mulut dan lidah membantu mengurangi frekuensi mendengkur sebesar 36 persen pada penderita sleep apnea ringan. (Foto: Redonline.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengkur terjadi sebagai akibat dari udara yang terjepit melalui jalan napas yang sempit atau tersumbat. Dan semakin banyak Anda mendengkur, semakin buruk hasilnya.

Menurut pakar tidur Dr. Martha Cortes, mendengkur yang parah dan sleep apnea atau gangguan tidur dikaitkan dengan ingatan yang menurun di usia muda. 

Sleep apnea merupakan gangguan serius yang memerlukan perhatian medis karena penderitanya seringkali berhenti bernapas saat tidur malam hari.

Anda bisa mencoba melakukan perubahan gaya hidup seperti berikut ini untuk mendapatkan tidur yang maksimal tanpa mendengkur.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)



1. Pantau berat badan Anda
Setelah Anda tertidur, otot-otot di tenggorokan Anda menjadi rileks. Dinding tenggorokan kemudian mulai bergetar saat Anda bernapas masuk dan keluar. 

Umumnya, orang yang memiliki kelebihan berat badan akan mengembangkan sedikit lemak di jalan napas. Hindari makanan dan alkohol setidaknya tiga jam sebelum tidur karena bisa membuat jaringan lunak dan lebih lembek.



2. Tidur dengan posisi miring
Anda akan mendengkur lebih banyak saat tidur telentang. Ini karena pangkal lidah dan langit-langit lunak runtuh ke bagian belakangan tenggorokan Anda. Tidur dengan posisi miring bisa membantu atasi mendengkur di malam hari.



3. Bersihkan bagian hidung Anda

Membersihkan sinus dapat memberi dampak besar pada pernapasan di malam hari Anda. 30 persen orang memiliki kepadatan rongga hidung sepanjang tahun. 



4. Kunyah permen karet bebas gula
Seiring bertambahnya usia, jaringan yang melapisi tenggorokan menjadi lembek terutama jika Anda cenderung mengalami sleep apnea. Mengunyah permen karet selama 20 menit dan dua kali sehari dapat melatih mulut, lidah, rahang dan otot pada orang yang memiliki saluran udara sempit.



5. Olahraga mulut atau lidah
Melakukan latihan atau olahraga mulut dan lidah membantu mengurangi frekuensi mendengkur sebesar 36 persen pada penderita sleep apnea ringan. 

Peneliti menemukan temuan efektif dengan menyarankan Anda untuk mendorong ujung lidah ke atap mulut dan menggeser lidah ke belakang. Kemudian, hisap lidah ke atas di atas atap mulut dan tekan seluruh lidah ke langit-langit mulut.











(TIN)