Membaca Dapat Membantu Memperpanjang Umur Anda

Torie Natalova    •    Senin, 22 May 2017 14:05 WIB
kesehatan
Membaca Dapat Membantu Memperpanjang Umur Anda
Membaca dapat menjadi cara untuk menenangkan pikiran. Tidur yang lebih nyenyak juga bisa didapatkan dari kebiasaan membaca. (Foto: Pinterest/h3rmit.tumblr.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membaca tak hanya baik untuk perkembangan otak dan wawasan Anda. Membaca sudah disarakan sejak dini karena sebuah studi terbaru mengatakan bahwa membaca dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Studi dari Yale University School of Public Health mengeksplorasi hubungan antara membaca dan umur panjang. 

Peneliti mengumpulkan data dari 3.635 orang di atas 50 tahun dan membandingkan informasi fisik mereka selama 12 tahun. Hasilnya, kelompok yang membaca lebih dari 3,5 jam per minggu ditemukan memiliki daya tahan lebih tinggi. 

Namun, kesempatan hidup lebih lama lebih banyak ditemukan pada mereka yang lebih sering membaca buku, daripada koran atau majalah. 

Adapun manfaat membaca buku lainnya untuk tubuh Anda seperti berikut ini.

(Baca juga: Manfaat Membaca Sebelum Tidur)



1. Mendorong konsentrasi dan fokus
Banyak dari kita yang ahli melakukan banyak hal sekaligus. Padahal, melakukan banyak hal sekaligus sebenarnya dapat merusak produktivitas. 

Duduk dan membaca buku selama lebih dari lima menit dapat memungkinkan waktu bagi pikiran untuk fokus pada satu hal dalam waktu yang lama.



2. Dapat meningkatkan daya ingat
Membaca membutuhkan konsentrasi, tapi juga melibatkan menyerap informasi dan kemudian mempertahankannya yang merangsang otak. 

Proses inilah yang bisa mempertajam pikiran dan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat. Kalimat adalah singkatan dari banyak informasi yang harus disimpulkan oleh otak. Dengan membaca, otak dipaksa untuk membuat ingatan baru yang membantu memperbaiki fungsi memori jangka pendek yang ada.



3. Dapat mengurangi stres
Penelitian dari University of Sussec menunjukkan bahwa membaca merupakan cara paling santai untuk menurunkan stres. Membaca bisa menjadi cara untuk melarikan diri dari stres.

Dengan membaca buku yang membuat Anda senang, Anda dapat melepaskan diri dari kekhawatiran dan tekanan dunia sehari-hari, dan menghabiskan waktu menjelajahi domain imajinasi si penulis.



4. Membantu tidur lebih nyenyak
Sudah saatnya Anda mengganti menatap layar gawai dengan buku. Paparan lampu biru telepon dapat mempengaruhi tidur Anda. Membaca dapat menjadi cara untuk menenangkan pikiran. Tidur yang lebih nyenyak juga bisa didapatkan dari kebiasaan membaca.







(TIN)