Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 03 Dec 2018 10:56 WIB
kalbe nutritionals
Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat
Foto: Shutterstock

Jakarta: Meningkatnya kadar kolesterol jahat (Low-Density Lipoprotein/LDL) sangat berbahaya dan bisa memicu serangan jantung. Salah satu cara menguranginya adalah dengan menjaga pola makan sehat.

Di antara banyak makanan untuk menekan kolesterol jahat, kedelai bisa menjadi pilihan terbaik. Produk berbasis kedelai mudah ditemukan. Misalnya, susu kedelai, tahu, dan kacang kedelai. 

Berikut ini manfaat kedelai untuk Anda ketahui.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sekitar tiga sampai enam persen.

2. Sumber Protein

Kedelai merupakan sumber protein. Selain itu, kedelai juga mengandung serat dan omega-3. Kedelai secara alami bebas dari koleterol dan rendah lemak jenuh. 

3. Pengganti Lemak Hewani

Kedelai bisa digunakan sebagai pengganti makanan yang tinggi lemak hewani, seperti mentega, keju, daging giling, susu sapi, dan daging ayam. Oleh sebabnya, kedelai bisa disarankan dimasukkan ke dalam menu diet harian Anda. 

Tak hanya itu, para ahli juga menyarankan agar tidak terpaku pada kedelai saja untuk menurunkan kolesterol jahat secara maksimal. Kombinasikan juga dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Manfaat kedelai dalam menurunkan kolesterol bisa ditemukan juga dalam Nutrive Benecol. Dengan minum Nutrive Benecol, menurunkan kolesterol jahat menjadi lebih praktis.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol. PSE ditemukan pada golongan tumbuhan seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum, dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak. 

Nutrive Benecol telah teruji klinis membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Minuman smoothies ini hadir dalam beberapa varian rasa, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix, dan chocolate.



(ROS)